Kian Panas! KLB Demokrat di Deli Serdang Ricuh, Sejumlah Orang Terluka | tvOne

Jumat, 5 Maret 2021 - 17:48 WIB

Deli Serdang, Sumatera Utara - Pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara ricuh. 

Kongres Luar Biasa (KLB) yang diselenggarakan oleh kubu Jhoni Allen Marbun di Hotel The Hill Hotel & Resort Sibolangit diwarnai kericuhan. Kericuhan bermula saat massa pendukung KLB menghadang kedatangan perwakilan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrat ke area Kongres Luar Biasa (KLB).

Kubu yang terlibat bentrok tersebut mengakibatkan saling lempar batu di Jalan Lintas Medan-Berastagi, Kecamatan Sibolangit. Meski begitu, sebelumnya sempat terjadi perdebatan diantara dua kubu itu. 

Kubu pendukung Partai Demokrat meminta massa untuk menolak Kongres Luar Biasa (KLB) dan meninggalkan lokasi. Diketahui terjadi aksi adu mulut diantara kubu tersebut. Tak berselang lama, aksi saling dorong dan lempar botol pun tak dapat terhindarkan. 

Sejumlah warga yang berada di lokasi kericuhan sempat berusaha untuk melerai namun justru menjadi korban luka. Akibat bentrokan ini lalu lintas sempat mengalami kemacetan.

Polda Sumut Tidak Campuri KLB Partai Demokrat

Polda Sumatera Utara menyatakan tidak mencampuri kegiatan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang digelar di Hotel The Hill di Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (5/3).

Ia mengatakan tentunya hal itu dengan melakukan langkah-langkah Polri yang Presisi agar tidak terjadi konflik yang dapat mengganggu keamanan dan Polri bertanggung jawab mengenai hal tersebut.

Polda Sumut bertugas memelihara Kamtibmas sesuai tupoksinya. Sejumlah personel dari Polrestabes Medan dan Polda Sumut telah bersiaga selama KLB Partai Demokrat di Sibolangit.

Wahyudi menegaskan situasi KLB Partai Demokrat di Sibolangit berjalan aman dan kondusif. Personel kepolisian masih tetap siaga di lokasi kongres mengantisipasi gangguan Kamtibmas. Kondisi aman dan kondusif, tidak berbuat anarkis, apalagi memancing keributan di Sumatera Utara (Sumut).

Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono membenarkan bahwa Polri tidak mengeluarkan izin keramaian atas pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang berlangsung di Sumatera Utara.

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono dalam jumpa pers siang tadi mengatakan terkait izin kerumunan KLB Partai Demokrat di The Hill Hotel dan Resort Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) ada yang mengawasi untuk penerapan protokol kesehatan, termasuk pengawasan dari Polda setempat. (adh)
 

Lihat juga: Moeldoko Dikabarkan Hadiri KLB Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumut

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral