Geger Aliran Sesat, Cholil: Ketika Dia Sudah Mengubah Ayat Suci Itu Sudah Penistaan

Jumat, 12 Maret 2021 - 21:07 WIB

Lampung- Seorang paranormal bernama Mbah Mijan (59) membuat resah masyarakat setelah video pengakuannya viral. Mbah Mijan mengaku dirinya bisa memanggil Nabi Muhammad SAW. Menanggapi hal ini, aparat kepolisian pun bertindak untuk meredam situasi.

Selain mengaku bisa memanggil Nabi Muhammad SAW, Mbah Mijan juga diketahui mengubah ayat-ayat suci Al-quran sehingga membuat makna dan arti yang berbeda-beda.

Menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia, K. H. Cholil Nafis, jika sekelompok orang baik itu mengatasnamakan suatu aliran kepercayaan atau kelompok keyakinan, jika mengubah ayat suci Al-quran sudah pasti salah.

“Jika sudah kitab suci yang diubah, mau mengatasnamakan apapun itu, sudah pasti salah,” tutur Ustadz Cholis.

Ustadz Cholis menambahkan, untuk pernyataan bisa memanggil atau mungkin bertemu dengan Nabi Muhammad memang bisa saja terjadi.

Namun hal ini tidak terjadi dalam keadaan bangun. Seseorang memungkinkan bertemu dengan Nabi Muhammad SAW dalam mimpi.

Banyaknya fenomena orang-orang yang mengaku hebat seperti ini, menurut Ustadz Cholis merupakan bagian dari adanya obsesi yang berlebihan dari seseorang.

Ada orang yang memang obsesinya agar dimuliakan oleh orang-orang, atau pun juga motif lain adalah untuk mengeruk keuntungan karena banyaknya orang yang datang.

Namun jika sudah mengubah ayat suci, hal ini merupakan sebuah penistaan dan tentu saja akan berhadapan dengan suatu keyakinan tertentu, dalam hal ini berhadapan dengan umat Islam.

Menurut psikiater dr. Danardi Sosrosumihardjo, motif Mbah Mijan dalam melakukan praktek penyimpangan tersebut akan bisa diketahui dalam proses asesmen.

“Motif seperti ini bisa diketahui ketika proses wawancara dengan pelaku. Nanti bisa diketahui apakah ini motivasinya untuk uang, motivasinya agar menjadi lebih hebat, atau bisa saja memang halusinasi,” tutur dr. Danardi.

Dokter Danardi juga menambahkan, jika memang apa yang dialami oleh orang-orang seperti Mbah Mijan ini merupakan halusinasi, bisa dilakukan terapi obat-obatan.

Saat ini Mbah Mijan sudah diamankan oleh aparat bersama dengan seorang muridnya.

Penangkapan Mbah Mijan dan muridnya ini didasarkan oleh laporan dari masyarakat yang resah dengan kegiatan yang dilakukan paranormal ini. (awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral