Menegangkan! Detik-detik Tertangkapnya Anggota KKB di Timika | tvOne

Kamis, 18 Maret 2021 - 09:13 WIB

Papua – Pada Sabtu 13 Maret 2021 Satgas Nemangkawi menangkap empat orang yang diduga anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pimpinan Joni Botak, yakni berinisial TJ, T, JJ dan EK.rjadi. Bertempat di jalan Trans Papua Mimika-Nabire, sekitar pukul 11.58 WIT, empat orang diamankan aparat kepolisian Mimika.

Penangkapan ini bermula ketika Tim Satgas Gakkum Timika meninggalkan Posko Gakkum Timika menuju Kali Pindah-pindah, Distrik Iwaka, untuk melakukan hunting terhadap target penyuplai makanan untuk KKB Joni Botak.

"Di sekitar kali pindah-pindah terdeteksi salah satu target yang diketahui merupakan salah satu penembak dari KKB Kali Kopi, AE, yang kemudian diyakini berada dalam sebuah kendaraan Toyota Avanza warna putih melintas dan melaju dari arah kota Timika kearah PT. PAL. Tersangka atas nama Ter Jangkup bersama tiga rekan-nya ditangkap beberapa hari lalu saat hendak mengantar bahan makanan ke KKB Joni Botak di Jalan Trans Papua Timika-Nabire.” Ujarnya Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata

Berdasarkan catatan pihak kepolisian, Ter Jangkup yang berada dalam mobil Toyota Avanza berwarna putih itu diketahui pernah terlibat penembakan mobil PJJ Brimob dan Bus PT Freeport Indonesia di Utikini, Distrik Tembagapura pada 8 Maret 2020.

Selain menemukan aneka bahan makanan yang hendak disuplai ke KKB Kali Kopi pimpinan Joni Botak, aparat juga menyita beberapa telefon genggam milik Ter Jangkup, dimana di dalamnya terdapat sejumlah foto aktivitas yang bersangkutan bersama anggota KKB lainnya.

Pada salah satu foto, Ter Jangkup memegang senjata api M-16 didampingi Otis dan Juliame (keduanya sudah tertangkap dan diproses hukum) serta DD yang hingga kini masih menjadi buronan pihak kepolisian.

"Foto-foto itu diambil sebelum rombongan KKB gabungan yang dipimpin Lekagak Telenggen melakukan serangkaian penembakan di wilayah Distrik Tembagapura," tutur AKBP Era Adhinata.

Adapun tiga rekan Ter Jangkup yang ikut diamankan kini sudah dilepas lantaran tidak memiliki rekam jejak terlibat berbagai tindak kriminalitas.

Kapolres Mimika menegaskan jajaran TNI dan Polri di Mimika tidak akan berhenti untuk melakukan proses penegakan hukum terhadap para pelaku kekerasan bersenjata di wilayah itu. (mii)

Lihat Juga: Tak Gentar! TNI Tembaki KKB dengan Senapan Mesin | tvOne Minute

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:35
03:20
01:47
02:02
00:54
07:24
Viral