Kemenkes Buka Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Untuk Lansia di BBPK Jakarta

Senin, 22 Maret 2021 - 13:02 WIB

Jakarta – Kementrian Kesehatan membuka pendaftaran vaksinasi Covid-19 untuk warga lanjut usia di Balai Besar Pelatihan Kesehatan, kampus Hang Jebat, Jakarta, mulai hari ini, Senin (22/3). Program vaksinasi ini berlaku untuk lansia yang berdomisili di DKI Jakarta maupun bagi lansia dari luar DKI Jakarta.

Kuota yang disediakan untuk vaksinasi Covid-19 ini sebanyak 1.500 ratus per harinya. Kuota 1.500 per hari ini berlaku mulai tanggal 22 Maret hingga akhir Juni 2021.

Mekanisme pendaftaran bisa dilakukan secara daring dan lansia yang boleh mendaftar harus diatas 60 tahun.

Jadwal vaksinasi adalah pada hari kerja yakni Senin-Jumat pukul 08.00 hingga 12.00 WIB, dilanjutkan lagi pukul 13.00 hingga 16.00 WIB. Sedangkan pada hari Sabtu, layanan vaksinasi di tempat ini dibuka pukul08.00 hingga 12.00 WIB.

Pelayanan vaksinasi ini sendiri melibatkan sejumlah tim tenaga kesehatan yang berasal Unit Pelayanan Kesehatan Kemenkes, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan khususnya dari Puskesmas Kebayoran Baru, Poltekkes Jakarta 2, dan Poltekkes Jakarta 3.

Selain itu untuk mengatur kelancaran kegiatan, Kemenkes juga mengerahkan tim dari Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan dan Pusat Pendidikan SDM Kesehatan yang siap membantu mengarahkan para lansia mulai proses registrasi hingga mereka menerima sertifikat bukti telah divaksin.

Kemenkes mengimbau bagi lansia yang mempunyai penyakit disarankan membawa surat rekomendasi dari dokter.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan keberadaan sentra vaksinasi diharapkan bakal mempercepat pemerintah dalam mencapai target cakupan vaksinasi Covid-19.

Percepatan vaksinasi di Daerah

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta pemerintah daerah mempercepat pelaksanaan vaksinasi dan menambah jumlah penerima vaksin, sehingga target kekebalan komunitas secara nasional dapat segera tercapai.

"Saya berharap vaksinasi, yang sekarang 8.000 per hari, bisa terus ditingkatkan karena kita ingin supaya tercapai herd immunity dalam jangka waktu satu tahun. Jadi di Lampung ini yang antara 20-50 ribu ini saya harapkan ada percepatan," kata Wapres Ma’ruf Amin usai meninjau vaksinasi di komplek Kantor Gubernur Lampung, Senin.

Saat menyaksikan kegiatan vaksinasi di Lampung, Wapres Ma’ruf mengapresiasi proses yang dilakukan dengan menambah jumlah meja untuk mempercepat penyuntikan tersebut.

"Saya baru saja menyaksikan vaksinasi di Provinsi Lampung dan saya melihat prosesnya bagus; yang biasanya empat meja, sekarang sudah lima meja. Yang pertama untuk melakukan pemeriksaan tentang terutama tensinya supaya diketahui apakah siap apa tidak, tinggi apa tidak," katanya.

Wapres juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, meskipun sudah divaksin. (ito/ant)

(Lihat Juga: KADIN siapkan 20 juta dosis vaksin untuk pekerja perusahaan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral