16 Nelayan Berdialog dengan Jokowi, Curhat Kurangnya Alat Penangkap Ikan | tvOne

Jumat, 26 Maret 2021 - 09:46 WIB

Maluku Tengah, Maluku – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdialog dengan 16 orang perwakilan nelayan di Dermaga Huseka’a Hitu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Kamis, 25 Maret 2021. Dialog tersebut bertujuan untuk mengetahui situasi yang dihadapi nelayan setempat di kala pandemi Covid-19. Para nelayan itu pun mencurahkan isi hatinya (curhat) pada orang nomor satu di Indonesia tersebut.

“Saya ingin mendengar situasi dan urusan yang berkaitan dengan perikanan dan nelayan. Di saat pandemi seperti ini apakah ada kesulitan atau tidak?” tanya Presiden kepada para nelayan.

Nelayan tersebut menjelaskan bahwa selama pandemi berlangsung, aktivitas melaut mereka relatif dapat terus dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan. Meski demikian, ia mengakui bahwa nelayan setempat memerlukan dukungan terkait alat tangkap ikan, salah satunya adalah rumpon. Rumpon merupakan alat bantu penangkap ikan yang ditempatkan di tengah laut baik di perairan dangkal atau pun dalam.

Nantinya, ikan-ikan akan berkumpul di sekitar rumpon tersebut sehingga memudahkan nelayan setempat untuk menangkapnya. Dalam pengoperasiannya, satu rumpon tersebut dapat dimanfaatkan secara bersama-sama oleh sejumlah nelayan.

“Masyarakat (nelayan) di sini lagi kekurangan dalam hal alat penangkapan, rumpon masih kurang,” tuturnya.

Usai nelayan mengutarakan kebututhannya, presiden menyatakan akan membelikan alat bantu tangkap tersebut. Selain itu, Kepala Negara juga bakal memberikan bantuan tambahan modal bagi para nelayan  itu.

“Saya titip tadi yang mau beli rumpon tadi, segera besok dibeli. Pedagang juga. Nanti saya cek, sudah dibelikan belum,” kata Kepala Negara.

Jokowi juga menyerahkan bantuan modal untuk sejumlah pedagang yang hadir di sana.

“Untuk tambah dagangan, sudah. Modal. Jangan dibelikan handphone, awas kalau ada yang beli handphone dari sini saya ikuti,” ujar Presiden.
Dalam kunjungan ini presiden juga mengatakan akan mengembangkan pelabuhan baru dengan konsel pelabuhan terintegrasi yang akan menjadi pusat pertumbuhan industri pengolahan ikan dan konsolidasi kargo dari wilayah Indonesia Timur.

Jokowi Bercanda dengan Nelayan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sesekali bercanda dengan para nelayan dan penjual ikan di Dermaga Huseka’a Hitu, salah satunya soal sepak bola.

Jokowi yang didampingi sejumlah menterinya, memperkenalkan satu persatu menteri yang hadir mendampinginya kepada para nelayan.

“Itu ada Pak Menteri BUMN. Kalau masalah bola, tahu Pak Erick,” kata Presiden Jokowi.

Selain Menteri BUMN Erick Thohir ada juga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Seorang peserta yang hadir pun menimpali Presiden Jokowi dengan mengatakan bahwa Maluku punya banyak talenta pemain sepak bola. Mendengar itu, Presiden Jokowi kembali melempar pertanyaan kepada para hadirin.

"Tahu nggak Pak Erick ini pemilik kesebelasan apa?" tanya Jokowi.

Para hadirin yang berada di lokasi spontan menyebut Inter Milan, sebuah klub bola asal Italia yang memang sahamnya sempat dimiliki Erick Thohir.

“Pemilik kesebelasan apa tahu? Inter Milan, betul. Kalau di Indonesia pemilik (klub) apa? Baru aja beli Persis Solo. Semua dibeli," kata Jokowi sembari tertawa.

Erick Thohir pun yang mendengar candaan tersebut tertawa ringan. Begitu pula dengan para nelayan yang hadir saat itu.

Sebagaimana diketahui, Menteri BUMN Erick Thohir belum lama ini membeli saham Persis Solo sebesar 20 persen.

Erick bersama dengan putra bungsu Presiden Joko Widodo, yaitu Kaesang Pangarep dan juga beberapa pengusaha lain akan mengelola klub tersebut secara bersama-sama. Selain itu, Erick juga mengakuisisi salah satu klub sepakbola asal Inggris, Oxford United, bersama dengan Anindya Bakrie.

Erick juga sempat membeli saham klub Serie A, Inter Milan, pada 2013. Namun jejak kepemilikan Erick di Inter hanya berlangsung enam tahun, sampai 2019.

Pada 2019, Erick juga melepas posisinya sebagai Wakil Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat, perusahaan pengelola klub Persib Bandung. (act/ant)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
01:06
02:40
02:12
02:15
Viral