Pemkab Indramayu Mulai Data Kerusakan Rumah Warga akibat Ledakan Kilang Balongan | tvOne

Rabu, 31 Maret 2021 - 13:14 WIB

Indramayu, Jawa Barat - Kebakaran dan Ledakan hebat yang melanda tangki kilang minyak Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada Senin (29/3) mengakibatkan puluhan rumah rusak. Pemukiman yang berada tak jauh dari titik ledakan mengalami kerusakan genteng, kaca jendela, hingga warung yang nyaris rata dengan tanah.

Warga pun mengungsi dan berharap Pertamina bertanggung jawab penuh untuk mengembalikan kondisi rumahnya seperti semula.

Salah satu warung di Blok kosambi, Desa Balongan, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu milik Bapak Umin menjadi salah bangunan milik penduduk Desa Balongan yang rusak akibat kebakaran disertai ledakan yang terjadi di tangki kilang minyak RU VI Balongan. Menurutnya, rumah dan warungnya rusak karena guncangan dari ledakan tangki.

“Ini di rumah banyak yang rusak. Warung juga rusak rata dengan tanah. Belum tahu tapi ini berapa kerugiannya,” tutur Umin.

Selain warung milik Bapak Umin, puluhan rumah penduduk di sekitar kilang Balongan juga rusak karena kebakaran tangki disertai ledakan dan guncangan kencang. 

Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu berkoordinasi dengan pihak Pertamina dan mendata baik korban luka maupun bangunan yang rusak.

Bupati Indramayu, Nina Agustina menyebutkan bahwa biaya perawatan korban luka semuanya gratis. Untuk kerusakan bangunan akan didata dan ditanggung oleh Pemerintah dan Pertamina.

“Untuk biaya korban ditanggung semuanya dan dari pihak Pertamina juga siap membantu. Untuk bangunan rusak kita akan mendata semuanya,” kata Nina.

Nina Agustina juga menyebutkan bahwa pihak Pemerintah akan melihat kondisi di lapangan untuk melihat apakah jarak antara kilang minyak dan pemukiman penduduk terlalu dekat apa tidak, sehingga mempertimbangkan untuk relokasi atau tidak.

Nina menambahkan, Pemerintah saat ini masih fokus untuk penanganan korban.

Saat ini masih banyak penduduk sekitar Kilang Minyak RU VI Balongan yang mengungsi di Gor Bumi Patra. Mereka mengaku trauma dan masih takut untuk kembali ke rumah.

Sebelumnya, terjadi kebakaran hebat disertai ledakan di tangki Kilang Minyak RU-VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat pada Senin (29/3). Menurut pemeriksaan sementara, ada 4 tangki minyak yang terbakar dari 72 tangki yang ada. (awy)
 

Lihat juga: Pertamina Siap Tanggung Pengobatan Korban Luka Ledakan Tangki Kilang Minyak

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral