Situasi Terkini Kilang Balongan, 3 Tangki Berhasil Padam Tersisa 1 Lagi | tvOne

Kamis, 1 April 2021 - 13:11 WIB

Indramayu, Jawa Barat – Tiga dari empat tangki kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat berhasil dipadamkan. PT Pertamina menyatakan tinggal satu titik kobaran api yang belum padam, dan saat ini terus dilakukan upaya pemadaman oleh petugas.

Dari pantau langsung repoter tvOne di Tangki Kilang Minyak Balongan, Indramayu, Kamis (1/4), terlihat asap hitam tebal dan kobaran api masih membakar Tangki Kilang Minyak Balongan. Petugas pemadam juga masih terus berjibaku memadamkan titik api.

Menurut Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto, ketiga Tangki Kilang Minyak Balongan, Indramayu berhasil padam.

"Setelah dua tangki padam tadi pagi, menyusul pada sekitar pukul 08.30 WIB, memastikan api di tangki T-301G berhasil dipadamkan," kata Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto

Menurutnya, saat ini dari empat tangki yang terbakar, tinggal satu lagi belum padam, namun petugas terus berupaya melakukan pemadaman dengan menggunakan "foam".

Ia mengatakan pemadaman titik api di tangki T-301F terus dilakukan, di mana saat ini tim darurat sedang mengarahkan pengaturan orientasi peralatan "fire fighting" dengan sasaran tangki T-301F yang masih menyisakan api.

"Tim 'emergency' di lapangan terus berlanjut untuk mematikan api di tangki T301-F," tuturnya.

Dia berharap api di area tangki di area T-301 seluruhnya dapat padam hari ini. Sementara untuk tiga tangki lainnya saat ini masih terus dilakukan pendinginan.

"Kami masih terus melakukan upaya pendinginan di tiga tangki yang telah padam dan memastikan tidak ada potensi api muncul kembali," katanya.

Untuk memastikan kondisi pemadaman di seluruh tangki terdampak, Pertamina masih terus melakukan pendinginan dan pengawasan hingga seluruh lokasi dinyatakan aman.

Apabila potensi api tidak lagi muncul, maka Pertamina akan segera mengoperasikan kembali Kilang Balongan.

Kebakaran Kilang Balongan terjadi pada Senin (29/3) dini hari, setelah sebelumnya warga sekitar lokasi mencium bau menyengat pada Minggu (28/3) malam.

Beberapa jam kemudian warga mendengar dentuman yang sangat keras disertai api yang membakar tangki kilang.

Akibat kebakaran tersebut, sebanyak 912 warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Kebakaran itu juga menyebabkan 29 luka ringan dan enam lainnya luka berat. (mii)

Lihat Juga: Pemkab Indramayu Mulai Data Kerusakan Rumah Warga akibat Ledakan Kilang Balongan | tvOne

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
03:14
02:13
03:28
Viral