Tim Densus Tangkap Terduga Teroris di Sejumlah Daerah yang Diduga Terafiliasi Dengan JAD

Sabtu, 3 April 2021 - 13:20 WIB

Tuban, Jawa Timur -  Pasca sejumlah aksi teror yang terjadi, tim Densus 88 Anti-Teror Mabes Polri melakukan penangkapan terduga teroris di sejumlah daerah. Penangkapan dilakukan terhadap orang-orang yang diduga berafiliasi dengan jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD). 

Tim Densus 88 Anti-Teror kembali menangkap seorang terduga teroris berinisial RH alias Aby Omar pada Jumat (2/4) . RH Merupakan warga Dusun Purboyo Mayang Sekar, Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

RH ditangkap di depan Salon Mustika Desa Punggulrejo, saat sedang mengantarkan anaknya les. 

Aparat juga menggeledah rumah terduga teroris dan menyita sejumlah barang bukti berupa ponsel, jas hujan, dan KTP. 

Selain RH, tim Densus 88 Anti-Teror juga menangkap terduga teroris warga Desa Ngujung, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. 

Terduga pelaku ditangkap saat hendak berangkat kerja tepatnya di Jalan Tumpang Krasak, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Aparat bersenjata lengkap langsung menggeledah rumah terduga di Desa Ngujung, dan rumah orangtuanya di Desa Kedungsumber.

Dari hasil penggeledahan, Densus 88 menyita barang bukti berupa buku jihad, ponsel, dan sebuah kaos dengan tulisan berbahasa Arab. 

Sementara di Bantul, Yogyakarta tim Densus 88 Anti-Teror menangkap 2 orang yang diduga terlibat dalam aksi bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu (28/3) pagi. 

Dari rumah salah seorang pelaku di Segoroyoso, Kecamatan Pleret, Bantul aparat menyita buku, laptop, ponsel, pisau lipat, paspor, dan selongsong peluru.

Densus 88 juga menggeledah rumah terduga teroris berinisial WRJ di Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta. 

Dari rumah WRJ yang sehari-hari berjualan soto ini tim Densus 88 menyita senapan angin dan sejumlah buku jihad.

Penangkapan terduga teroris juga dilakukan di Surabaya, Jawa Timur. Tim Densus 88 Anti-Teror menangkap seorang teroris yang diduga terafiliasi dengan sejumlah anggota JAD yang diamankan tim Densus 88 dalam sepekan terakhir.

Dari rumah Suyitno yang sehari-hari berjualan sembako ini tim Densus 88 anti teror menyita sejumlah buku dan kotak amal yang selama ini dikelola olehnya.

Tim Densus 88 juga mendatangi sebuah toko herbal di Jalan Kenanga, Kelurahan Sumampir, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Polisi memblokade akses jalan sepanjang 100 meter selama penggeledahan. 

Tim INAFIS Polres Banyumas juga diturunkan ke lokasi untuk menggeledah rumah yang ditempati oleh pasangan suami istri dan 5 anaknya tersebut.

Setelah melakukan penggeledahan, petugas memasang garis polisi di rumah tersebut. (awy)
 

Lihat juga: Analisa Teror di Mabes Polri, Psikologi Forensik: Ada 2 Perencanaan Sekaligus

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral