Tiga Kapal Dikerahkan, Cari Korban Hilang Tabrakan Kapal di Indramayu | tvOne

Senin, 5 April 2021 - 13:37 WIB

Indramayu, Jawa Barat – Petugas gabungan terus melakukan pencarian terhadap 15 anak buah kapal motor MV Barokah yang menabrak kapal pengangkut minyak mentah MV Habco Pioneer di perairan laut Indramayu. Sementara itu dua orang telah ditemukan meninggal dunia.

Dua anak buah kapal ditemukan meninggal dunia oleh tim gabungan yang melakukan pencarian korban kecelakaan kapal motor MV Barokah yang menabrak kapal pengangkut minyak mentah MV Habco Pioneer.

Kedua korban ditemukan tak jauh dari sekitar lokasi kejadian yaitu sekitar 40 mil dari pantai Eretan, Indramayu. Keduanya ditemukan meninggal dunia dengan posisi tersangkut jaring kapal.

Pada Minggu (4/4) siang petugas Basarnas terus lakukan pencarian terhadap korban tabrakan kapal MV Barokah Jaya ini. Dari 32 ABK MV Barokah Jaya, 15 ABK berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan 15 lainnya dilaporkan masih hilang. Tim gabungan masih mencari 15 korban lainnya yang hilang belum ditemukan.

Petugas mengerahkan tiga kapal besar dari Basarnas TNI Angkatan Laut Gebang dan Polairud Polres Indramayu dan sejumlah kapal nelayan, serta 50 tim penyelam.

Sementara itu untuk memantau pergerakan kapal yang mencari para korban petugas mendirikan posko di sekitar tempat pelelangan ikan Eretan Indramayu.

Petugas juga berkomunikasi dengan ketiga kapal yang mencari korban di lokasi dengan menggunakan radio.

 “Kami hari ini (Senin, 5/4) melaksanakan pencarian kembali. Hari ini, pencarian fokus pada penyisiran diatas permukaan dengan radius 105 nautical mile, dengan dibagi dalam tiga sector,” kata Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansyah.

Sebelumnya insiden tabrakan kapal MV Barokah Jaya dan kapal pengangkut minyak mentah MV Habco Pioneer diterima oleh Basarnas Bandung  pada Sabtu (4/4) pukul 16.45 WIB. Atas kejadian tersebut Kantor SAR Bandung kemudian melakukan permintaan pergerakan kapal SAR KN Wisnu Jakarta untuk melakukan operasi SAR di sekitar titik lokasi.

Selain itu Kantor SAR Bandung juga telah melakukan info pemapelan kepada SROP Cirebon, SROP Indramayu, Lanal Cirebon, VTS Cirebon dan Ditpolair Polda jabar agar kapal kapal yang melewati rute tersebut untuk melaporkan hasilnya ke Kantor SAR Bandung dan VTS Cirebon. (ito)

(Lihat Juga: Pascatabrakan dua kapal di perairan Indramayu, 15 ABK masih dalam pencarian)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral