Basarnas Terjunkan 11 Penyelam Cari ABK yang Hilang Akibat Tabrakan Kapal di Indramayu | tvOne

Selasa, 6 April 2021 - 12:42 WIB

Indramayu, Jawa Barat – Badan SAR Nasional (BASARNAS) menerjunkan 11 penyelam untuk mencari 14 anak buah kapal (ABK) MV Barokah yang tenggelam usai bertabrakan dengan kapal kargo  di perairan Indramayu, Jawa Barat.

Para penyelam ini merupakan Tim Basarnas spesial grup yang bertugas menyisir di sekitar lokasi  bawah kapal yang terbalik. Mereka menyisir mulai dari dek kapal, tempat istirahat ABK, serta jaring kapal.

Hingga Selasa (6/4) siang ini, dari hasil penyisiran petugas baru menemukan ransel milik ABK yang tersangkut di badan kapal.

Senin (5/4) kemarin, tim SAR gabungan menemukan seorang ABK MV Barokah Jaya yang mengalami kecelakaan laut di perairan Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat dalam keadaan meninggal dunia.

"Kami kembali menemukan satu korban dalam keadaan meninggal dunia, sekitar jam 11.00 WIB," kata Kepala Kantor SAR Bandung Provinsi Jabar Deden Ridwansah.

Ia mengatakan dengan ditemukannya satu korban, maka total yang telah ditemukan berjumlah 18 orang, tiga meninggal dunia dan 15 selamat.

Menurutnya korban ditemukan di sekitar lokasi kejadian tepatnya di belakang Kapal kargo MV Habco Pioneer, kemudian dievakuasi oleh tim yang selanjutnya dibawa ke Pelabuhan Eretan dan langsung dilarikan ke RS Bhayangkara.

"Korban ditemukan di belakang kapal Habco Pioneer, dan langsung dievakuasi," katanya.

Saat ini lanjut Deden, pihaknya juga terus mencari 14 orang ABK yang masih dinyatakan hilang dengan mengerahkan KN SAR Wisnu, KRI Cucut dan KM Gelora Asmara.

Pencarian kata Deden, juga akan kembali menyisir ke dalam bangkai kapal dan juga jaring di sekitar lokasi, karena korban yang ketiga ditemukan tidak jauh dari lokasi semula. "Kita sudah perintahkan anggota selam untuk melihat kembali di dalam dan juga sekitar jaring," kata Deden.

Sebelumnya, pada Sabtu (3/4) sore, kecelakaan laut terjadi di Perairan Indramayu tepatnya pada koordinat 5°37'35.00"S 108°17'18.00"E. Kecelakaan laut melibatkan Kapal Nelayan Barokah Jaya yang menabrak MV Habco pioneer sehingga menyebabkan kapal MV Barokah Jaya terbalik.

MV Habco Pioneer sedang berlayar dari Balikpapan menuju Merak, sedangkan kapal Barokah Jaya dalam perjalanan dari Tanjungan ke pantai Balongan. (ito)

(Lihat Juga: Tiga kapal dikerahkan cari korban hilang tabrakan kapal di Indramayu)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral