Jelang Ramadhan, Warga Ziarah ke Pemakaman Kerabat | tvOne

Minggu, 11 April 2021 - 13:43 WIB

Jakarta - Tradisi ziarah makam sebelum datangnya Ramadan masih dilaksanakan masyarakat di tengah pandemi COVID-19 ini. Para peziarah tampak mendatangi Tempat Pemakaman Umum (TPU). 

Sementara itu, jelang bulan Ramadan TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur terlihat didatangi peziarah. Tak hanya blok pemakaman umum, banyak peziarah yang mendatangi blok bagi jenazah COVID-19.

Salah seorang peziarah yang ditemui di TPU Pondok Ranggon pun mengatakan jika dirinya beserta keluarga tiap tahun rutin selalu ziarah terlebih lagi sebelum memasuki bulan Ramadan. “Setiap tahun kita mau menjelang puasa kita datang kesini bersama keluarga,” ujar Slamet, peziarah.

Ditanya soal perbedaan bulan Ramadan tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya, Slamet menyampaikan jika tidak ada perbedaannya. “Perbedaan sih nggak ada mbak seperti tahun-tahun lalu sama saja kok untuk puasa ini kecuali kemarin sempat ditutup karena ada COVID-19,” ungkapnya.

Sedangkan untuk tahun ini, Tempat Pemakaman Umum Pondok Ranggon sudah dibuka seperti biasa untuk para peziarah dengan syarat tetap mematuhi protokol kesehatan. Berdasarkan pemantauan di lapangan pun, TPU Pondok Ranggon kondisinya tidak begitu ramai dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Sementara itu, di TPU Pondok Ranggon bagian jenazah COVID-19 terpantau cukup banyak dikunjungi oleh para peziarah. Pengelola pun berharap bagi peziarah yang datang berkunjung untuk tetap menerapkan prokes dengan ketat.

Hal serupa juga terjadi di Taman Pemakaman Umum Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Kelapa, Jakarta Timur, ramai didatangi oleh para peziarah menjelang bulan suci Ramadhan tahun ini.

Kepala TPU Pondok Kelapa Efendi di lokasi, Sabtu, mengatakan bahwa para peziarah sudah mulai berdatangan sejak awal April atau bertepatan dengan libur Hari Paskah. Menurut pengelola, yakni Efensi kondisi ini mulai ramai semenjak Paskah kemarin sampai sekarang dan  antusias orang lumayan tapi berkurang dibandingkan sebelum pandemi. 

Efendi mengatakan bahwa TPU Pondok Kelapa tahun ini mengizinkan warga untuk melakukan ziarah jelang bulan Ramadhan. Menurut dia, kondisi itu berbeda dibandingkan tahun sebelumnya ketika awal pandemi COVID-19 karena saat itu tidak ada kegiatan ziarah makam jelang Ramadhan di TPU Pondok Kelapa.

Meski kegiatan ziarah diizinkan, Efendi mengatakan bahwa pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan ketat. Imbauannya jangan berkerumun dan wajib memakai masker. Di depan gerbang dicegat kalau tidak pakai masker, tidak boleh masuk. Siapapun yang masuk kedalam Taman Pemakaman Umum Pondok Kelapa harus pakai masker. (adh/ant)

 

Lihat juga: Muhammadiyah Keluarkan Surat Edaran Imbau Sholat Tarawih di Rumah Masing-Masing

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral