Terjadi Lonjakan Penumpang Kereta Api di Stasiun Pasar Senen | tvOne

Minggu, 2 Mei 2021 - 07:48 WIB

Jakarta - Stasiun Pasar Senen, Jakarta, dipadati calon penumpang kereta api (KA) hari ini. Padahal pemerintah telah resmi melarang mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021 dengan masa pengetatan mulai 22 April-5 Mei dan 18-24 Mei 2021.

Berdasarkan laporan dari Hijul Akbar langsung dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat pada pagi hari tadi (2/5/2021) sudah banyak calon penumpang yang tiba di lokasi. Meski demikian, aktivitas yang terjadi di Stasiun Pasar Senen masih normal seperti hari-hari sebelumnya.

“Namun kami memantau beberapa jam terakhir sudah terlihat sejumlah calon penumpang yang datang dan menunggu jadwal keberangkatan kereta api jarak jauh yang mereka sebelumnya sudah pesan,” ujar Hijul.

Lebih lanjut Ia mengatakan jika jumlah calon penumpang yang berada di Stasiun Pasar Senen meningkat. Sedangkan untuk keberangkatan kereta api jarak jauh dari Stasiun Pasar Senen tercatat ada 12  kereta api, yang mana keberangkatan pertama dimulai pukul 06.30 WIB dengan tujuan Purwosari. Selanjutnya keberangkatan terakhir terjadi pada pukul 18.40 WIB sore nanti.

“Lokasi ruang tunggu pun telah dipadati calon penumpang yang sedang menunggu tes genose dibuka,” katanya.

Rencananya menurut keterangan petugas setempat loket tes genose akan dibuka pukul 06.00 WIB. Selain melakukan tes genose, para calon penumpang kereta api jarak jauh juga dapat menunjukkan tes hasil PCR atau antigen.

“Semenjak tanggal 22 April yang lalu para calon penumpang kereta api jarak jauh harus menunjukkan hasil tes bebas COVID-19 yang berlaku 1x24 jam,” tuturnya.

Sejak pekan lalu terpantau ada peningkatan penumpang kereta jarak jauh di Stasiun Pasar Senen. “Dimana hari Senin hingga Rabu pekan lalu total ada sekitar 6 ribu penumpang yang diberangkatkan ke berbagai daerah,” kata Hijul Akbar.

Sementara itu, pada hari Jumat kemarin (30/4/2021) ada peningkatan sejumlah 9 ribu penumpang dengan total ada 20 keberangkatan kereta api dari Stasiun Pasar Senen. KAI (Persero) menegaskan tidak menambah jumlah perjalanan kereta api (KA) jarak jauh dengan keberangkatan dari Jakarta, baik Stasiun Pasar Senen maupun Stasiun Gambir menjelang masa larangan mudik pada 6-17 Mei 2021.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Jakarta, Sabtu, mengatakan hingga kini tiket perjalanan untuk 6 - 17 Mei 2021 belum dijual atau belum dapat dilakukan pemesanan. Hal itu ini merupakan bentuk dukungan PT KAI terhadap langkah pemerintah dalam penanganan COVID-19 melalui larangan mudik. Ia juga mengatakan, ketentuan penerapan protokol kesehatan dan pembatasan volume penumpang dengan kuota maksimal 70 persen tetap diberlakukan untuk seluruh rangkaian yang berangkat.

Ada pun pada masa pengetatan syarat perjalanan, seluruh penumpang kereta wajib memiliki surat keterangan pemeriksaan Covid-19 hasil negatif dengan masa berlaku 1x24 jam. Pengguna dapat memilih salah satu jenis pemeriksaan yakni PCR, GeNose Tes atau Rapid Antigen.

Ada pun situasi di Pasar Senen terlihat cukup ramai dengan antrean masuk penumpang yang mengular pada Sabtu (1/5/2021) sore. Namun demikian, PT KAI area Daop 1 Jakarta menyatakan situasi masih terpantau kondusif dengan penerapan protokol kesehatan. (adh)
 

Lihat juga: Waduh! Stasiun Pasar Senen dan Bandara Soetta Mulai Dipadati Pemudik

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral