Menkes Siapkan Tiga Strategi Hidup Berdampingan dengan Pandemi

Rabu, 25 Agustus 2021 - 14:23 WIB

Jakarta- Vaksinasi nasional hingga saat ini telah mencapai 90 juta dosis yang disuntikkan.

Presiden menargetkan hingga akhir Agustus 2021 lebih dari 100 juta harus sudah disuntikkan ke masyarakat.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan pencapaian itu akan mendukung penerapan hidup berdampingan dengan pandemi.

Menurut Menkes ada tiga strategi yang diterapkan, diantara memperketat protokol kesehatan,  melakukan testing dan tracing pada orang yang tepat, serta memaksimalkan pengobatan pasien Covid-19.

Menurut Menkes, ada beberapa arahan Presiden yang perlu segera ditindaklanjuti agar masyarakat dapat segera menerapkan hidup berdampingan dengan pandemi.

“Pertama, menyeimbangkan antara hidup yang sehat dan hidup yang bermanfaat secara ekonomi, yang paling penting adalah protokol kesehatannya  harus diimplementasikan dengan disiplin,” tutur Budi.

Arahan bapak Presiden, pemerintah akan harus waspada. Selain itu, protokol kesehatan di masing-masing daerah pun akan dibuka secara bertahap.

“Jadi kami sudah bekerja sama dengan beberapa asosiasi, beberapa perkumpulan, untuk mulai menyusun protokol kesehatan berbasis teknologi informasi pada aplikasi Pedulilindungi yang akan kita pakai secara nasional untuk membantu menjaga implementasi dari protokol kesehatan ini berbasis teknologi informasi’, imbuhnya.

Protokol kesehatan akan diterapkan di semua sektor termasuk di sektor perdagangan, baik itu modern maupun tradisional.

Selain itu protokol kesehatan juga akan diterapkan di sektor transportasi darat, laut, dan udara. 

Sektor kerja baik itu industri maupun juga perkantoran juga akan menerapkan protokol kesehatan berbasis teknologi informasi ini. 

Protokol kesehatan juga akan diterapkan di sektor pariwisata dan hiburan baik itu pertandingan sepak bola atau konser musik atau juga kuliner.

Di bidang pendidikan, akan diterapkan juga protokol kesehatan baik di tingkat SD, SM, SMA, dan Universitas.

Protokol kesehatan juga akan diterapkan di acara hari keagamaan ritual-ritual minggan atau hari raya besar. 

Protokol kesehatan berbasis teknologi informasi ini akan membantu masyarakat membangun hidup bersama dengan menyeimbangkan antara sisi kesehatan dengan sisi aktivitas ekonomi.

Selain strategi protokol kesehatan, penting juga adalah testing dan tracing terpusat hanya kepada kontak erat dan bergejala.

Menurut Menkes, Presiden memberikan arahan secara spesifik bahwa nantinya harus ada peralatan untuk layanan primer isolasi.

Nantinya, rumah sakit akan menyiapkan ruangan isolasi khusus hanya bagi pasien-pasien yang kritis. (awy)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral