Pelaksanaan TWK KPK Timbulkan Banyak Kontroversi, Komnas HAM Angkat Bicara

Sabtu, 18 September 2021 - 09:06 WIB

Kontroversi tes wawasan kebangsaan (TWK) pegawai KPK terus berlanjut dan semakin memanas. Komisi Pemberantasan Korupsi mengumumkan akan memberhentikan dengan hormat 57 pegawainya pada tanggal 30 September 2021 nanti.

Berbagai kalangan mendesak Presiden Joko Widodo untuk bersikap tegas menyelesaikan polemik di KPK. Di tengah situasi tersebut Presiden Joko Widodo angkat bicara. Merespon pemecatan 57 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi yang gagal tes wawasan kebangsaan, Jokowi tak ingin dikaitkan.

Menurut Jokowi Jangan semua urusan dibawa padanya. Presiden mengungkapkan polemik tes wawasan kebangsaan di KPK sudah ada penanggungjawabnya. Apalagi, lanjut Jokowi, proses juga berlangsung di Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi.

Sejumlah kalangan menilai sikap presiden dianggap tak punya komitmen politik untuk menyelamatkan 57 pegawai KPK yang diberhentikan karena gagal menjalani TWK. Lantas akankah presiden mengambil langkah menyelesaikan persoalan TWK KPK dengan menjalankan rekomendasi dari Ombudsman dan Komnas HAM? Ataukah sebaliknya presiden lepas tangan soal TWK KPK?
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral