Waspada! BMKG Prakirakan Hujan Kilat Berpotensi Terjadi di Jabodetabek

Rabu, 22 September 2021 - 18:35 WIB

Depok, Jawa Barat - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan dengan angin kencang disertai kilat berpotensi kembali terjadi di Depok, Jawa Barat. Hal ini karena wilayah Indonesia khususnya Jabodetabek masuk dalam masa transisi dari musim kemarau ke musim penghujan.

“Saat ini di sebagian besar wilayah Indonesia termasuk wilayah Jabodetabek sedang mengalami musim transisi atau masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. Salah satu indikatornya adalah cukup tingginya kejadian cuaca ekstrim diantaranya hujan lebat yang dapat disertai angin kencang, atau hujan yang disertai oleh hujan es atau angin puting beliung dan hujan yang disertai oleh kilat dan petir,” tutur Muhammad Fadli, Kepala Sub Bidang Prediksi Cuaca BMKG

Fadli menambahkan, seperti yang dirasakan di wilayah Depok pada Selasa (21/9) kemarin sore. Di mana pada siang hari, pertumbuhan awan-awan konvektif atau yang lebih dikenal dengan awan cumulonimbus yang cukup kuat.

Untuk beberapa hari ke depan, prakiraan cuaca untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya masih berpeluang tinggi mengalami hujan lebat disertai angin kencang bahkan kilat dan petir, terutama wilayah Depok, Bogor, dan Tangerang.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral