Mimbar Masjid Dibakar, Motifnya Apa? | Laporan Utama

Selasa, 28 September 2021 - 08:36 WIB

Makassar, Sulawesi Selatan - Aksi pembakaran mimbar masjid raya di Makassar menyulut reaksi keras dari publik. Belum juga reda sederet peristiwa penyerangan terhadap ulama kini mereka dikejutkan dengan ulah orang tak bertanggung jawab yang nekat merusak atribut di rumah ibadah umat Islam tersebut.
Entah apa yang merasuki pikiran seorang pria yang menjadi pelaku pembakaran mimbar masjid raya pada Sabtu dini hari lalu. Kabba mengaku nekat melakukan tindakan tak bermoral itu hanya lantaran kesal dengan perlakuan takmir masjid yang kerap memarahi bahkan mengusirnya saat tidur di masjid.
Ustadz Das'ad Latif yang saat itu berkesempatan bertemu langsung dengan pelaku mengatakan si pelaku jengkel karena kerap diusir saat beristirahat di masjid. "Akhirnya dia benci, jengkel, marah," tutur Ustadz Das'ad.
Pihak kepolisian kini menelusuri kemungkinan si pelaku mengonsumsi zat-zat terlarang. Kemungkinan ini muncul dari keterangan saksi yang berada di sekitar rumah pelaku. Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Witnu Urip Laksana mengatakan akan menyelidiki termasuk dengan metode tes urin.
Terlepas dari segala dalih yang dilontarkan Kabba, sang pelaku pembakaran mimbar masjidm kecaman terus mengalir dari sejumlah kalangan. Bukan tak mungkin ada motif lain yang terselip dari aksi amoral tersebut mengingat peristiwa itu terjadi tak lama pasca Ustad Chaniago di Batam diserang.
Jusuf Kalla sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia bahkan mendesak pihak yang berwenang untuk mengusut kasus-kasus tersebut agar pelaku dapat mempertanggungjawabkan perbuatannya di pengadilan.
Menko Polhukam Mahfud MD juga menambahkan bahwa pemeriksaan ini harus tuntas dan terbuka serta jangan terburu-buru memutuskan bahwa pelakunya memiliki gangguan jiwa seperti yang sudah-sudah. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral