Partai Sosial Demokrat Menangi Pemilu Bundestag Jerman

Selasa, 28 September 2021 - 11:04 WIB

Berlin, Jerman - Sejarah baru tercipta di Jerman. Hasil pemilu Jerman menunjukkan Partai Sosial Demokrat (SPD) memenangi pemilihan umum kali ini. Olaf Scholz pun diperkirakan akanmenjadi kanselir menggantikan Angela Merkel. 
Miranti Hirchmann melaporkan, pemilu yang digelar pada Minggu (26/9) kemarin memang telah mengonfirmasi hal tersebut. Peristiwa ini menjadi tonggak baru dalam iklim politik Jerman karena 16 tahun belakangan Jerman dikuasai oleh partai Christian Democratic Union.
"Namun kanselir sebetulnya belum terpilih karena saat ini memang ada tiga kandidat. Tetapi setelah Pemilu kemarin hasilnya menunjukkan bahwa dua partai besar yang unggul dalam pemilu ini yaitu SPD dan CDU menyisakan dua kandidat kanselir. Kanselir ini nantinya akan terpilih setelah koalisi-koalisi nanti terbentuk," ungkap Miranti.
Ia memperkirakan koalisi ini baru akan terbentuk sejenak sebelum tutup tahun 2021. Namun hingga kini diketahui nama dua kandidat kanselir tersebut adalah Olaf Scholz dan Armin Laschet dari CDU/CSU.
Dalam perhitungan sementara, partai hijau unggul di posisi ketiga dengan raihan suara hampir 15 persen. Sementara partai sayap kanan dikabarkan meraih posisi yang cukup baik dalam pemilihan umum Bundestag Jerman 2021 ini. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral