Kisah Inspiratif Tiara Yogiarni untuk Memberikan Pendidikan di Pelosok Desa Kulonprogo

Jumat, 1 Oktober 2021 - 15:04 WIB

Kulonprogo, DIY - Seorang guru les di wilayah Kulonprogo Jogjakarta mendedikasikan dirinya memberikan pengajaran bagi siswa yang tinggal jauh di pelosok desa di kawasan perbukitan Menoreh, kelurahan Argo Wilis, kecamatan Kokap, kabupaten Kulonprogo selama pandemi Covid-19.
Banyak sekolah harus menerapkan sistem pembelajaran online atau daring untuk mengantisipasi penularan virus namun karena keterbatasan internet, minimnya sinyal, dan daya beli masyarakat yang tidak merata mendorong seorang guru les Tiara Yogiarni salah satu tenaga kontrak Dinas Kominfo Kulonprogo ini sepulang kerja rela menyambangi satu persatu rumah anak didiknya yang berada dipelosok desa.
Meski lokasi para siswa ini jauh medannya pun juga cukup sulit, Tiara tetap berupaya untuk datang ke rumah siswa. Lokasi mengajarnya pun dipilih di luar rumah atau berada di luar ruangan agar bisa berbaur dengan alam.
Mulianya, Tiara tidak mengharapkan imbalan sepeserpun dari orangtua murid atas perjuangan dan usahanya mencerdaskan anak bangsa.
"Untuk adik-adik daerah pelosok itu saya gratiskan mbak karena memang itu adalah sebuah reward untuk mereka. Dengan semangat mereka, antusias mereka mengikuti pembelajaran dan senang untuk belajar itu saya sudah berterima kasih kepada mereka," ujar Tiara. Sungguh sebuah teladan mulia di bidang pendidikan. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral