Bentrokan Antar Suku di Yahukimo Makan Korban, Enam Orang Tewas

Senin, 4 Oktober 2021 - 13:24 WIB

Yahukimo, Papua - Dua suku di Yahukimo saling serang. Bentrokan dua suku itu terjadi di distrik Dekai Kabupaten Yahukimo. Selain enam orang tewas, 41 warga lainnya mengalami luka. Peristiwa tersebut terjadi saat salah satu yang membawa busur panah dan parang mendatangi suku lainnya dan melakukan penyerangan.
Polisi kini mengamankan sedikitnya 52 orang terduga pelaku sementara seribu warga lainnya mengamankan diri di Polres dan Koramil Yahukimo.
Kabid humas Polda Papua Kombes Pol Achmad Mustofa Kamal mengatakan bentrokan tersebut bermula dari penyerangan suku Kimyal kepada suku Yali. Suku Kimyal membawa dua truk berisikan masyarakat suku menuju lokasi suku Yali tengah mengadakan kegiatan.
"Dari peristiwa itulah rekan-rekan kami yang ada di Polres mendapat laporan dan meluncur ke TKP dan kemudian dihalau dan mereka sempat melarikan diri. Kemudian sebagian mengamankan warga yang luka-luka namun tidak lama kemudian mereka datang ke Hotel Nuri dan melakukan pengrusakan dan pembakaran," tuturnya.
Untuk mengamankan situasi, pasukan gabungan TNI-Polri masih melakukan penyisiran dan patroli hingga pinggiran kota agar tak terjadi bentrok susulan. Pihak kepolisian mengatakan isu yang beredar di masyarakat bentrokan dipicu atas kematian mantan Bupati Yahukimo Abock Busup. Kombes Pol Achmad mengatakan hal ini diduga dendam kesumat yang berawal dari seteru politik daerah. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:43
03:42
03:43
08:21
01:18
03:15
Viral