Istano Baso Pagaruyung, Istana Kerajaan Minangkabau yang Kini Menjadi Museum

Selasa, 5 Oktober 2021 - 12:57 WIB

Tanah Datar, Sumatra Barat - Istano Baso yang lebih terkenal dengan nama Istana Pagaruyung, adalah sebuah istana yang terletak di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. istano Basa ini berjarak lebih kurang 5 kilometer dari pusat kota Batusangkar. 
Bangunan yang sebelumnya merupakan bangunan istana kerajaan Minangkabau itu kini peruntukannya telah berubah menjadi museum kerajaan Minangkabau. Istana ini merupakan objek wisata budaya yang terkenal di Sumatra Barat.
Hampir 100% bangunan Istano Baso Pagaruyung ini hanya terbuat dari kayu yang memakai sistem pasak dan tidak menggunakan paku sebagai penguat bangunan. Setiap tonggak bangunan dan atap (anjuang) hingga jumlah kamar serta tingkat bangunan berjumlah ganjil.
Namun Tahukah Anda, meski istano basa Pagaruyung tak semewah bangunan kerajaan pada umumnya, kekokohan salah satu bangunan kebanggaan masyarakat Minangkabau ini tak terbantahkan lagi. Selain arsitekturnya mempunyai filosofi dan makna tersendiri, Istano Baso Pagaruyung juga diklaim sebagai bangunan tahan bencana seperti gempa, badai, hingga banjir. 
Saat ini bangunan Istano Baso Pagaruyung ini merupakan museum peninggalan sejarah kerajaan Minangkabau dan sekaligus merupakan objek wisata kebanggaan Sumatera Barat. Tidak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun banyak yang berkunjung untuk melihat keunikan bangunan bersejarah kebanggaan masyarakat Sumatera Barat ini. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
Viral