Viral! Nama Anak Kepanjangan, Orang Tua Kesulitan Mengurus Akta Lahir Hingga Surati Jokowi

Kamis, 7 Oktober 2021 - 14:19 WIB

Tuban, Jawa Timur - Jika orang tua pada umumnya memberi nama anak mereka antara tiga hingga lima kata saja, tapi ada seorang anak di Kabupaten Tuban, Jawa Timur memiliki nama sepanjang 19 kata dengan total 120 huruf. Akibat nama yang terlampau panjang, orangtua sang anak pun kini kesulitan mengurus akte kelahiran hingga menyurati Presiden Joko Widodo untuk meminta solusi dari permasalahan yang dialaminya.
Dunia maya pun dihebohkan dengan nama seorang anak asal Desa Ngujuran, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Jawa Timur yang sangat panjang. Tidak tanggung-tanggung nama putra kedua pasangan Arif Akbar dan Suci Nur Aisyah ini terdiri dari 19 kata dengan total 120 huruf.
Anak laki-laki berusia dua tahun setengah ini diberi nama Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askhala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi-Thariq Ziyad Syaifudin Quthuz Khoshala Sura Talenta dengan nama panggilan yakni Cordo. Panjangnya nama anak tersebut ternyata berdampak pada pengurusan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tuban. 
Orang tua Cordo mengaku sejak anaknya lahir hingga kini belum memiliki akta kelahiran karena kendala administrasi. Ayah Cordo menyatakan bahwa pemberian nama sang anak yang lahir tanggal 6 Januari 2019 itu bukan karena iseng belaka. Nama Cordo yang terdiri dari 19 kata diberikan oleh pamannya yang merupakan sesepuh adat di Tuban.
Sementara itu, pihak Disdukcapil Kabupaten Tuban menjelaskan nama anak yang terlampau panjang tersebut tidak bisa diakomodir oleh sistem informasi administrasi kependudukan atau siakad dalam sistem itu maksimal nama yang bisa dicatat adalah 55 huruf termasuk spasi.
Kendati demikian, Disdukcapil Kabupaten Tuban sudah berkirim surat kepada Dirjen Kependudukan Kementerian Dalam Negeri untuk bisa mendapatkan solusi dari permasalahan ini. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral