Atlet Terkonfirmasi Positif Covid-19 di PON XX Papua Capai 34 Orang

Jumat, 8 Oktober 2021 - 12:59 WIB

Jakarta - Kasus positif Covid-19 di perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua kini mencapai 34 orang. Seluruhnya dipastikan terpapar tanpa menunjukkan gejala. 
Menanggapi hal tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali mengatakan meski ada temuan sebaran Covid, kegiatan PON XX Papua tetap dapat berjalan seperti biasa. Semangat para atlet, pelatih, dan official pun disebut tetap tinggi.
"Cabang olahraga atau nomor-nomor pertandingan atau disiplin yang paling banyak itu ada di Jayapura. Kalau di Timika dan Merauke kan tidak terlalu banyak nomor yang dipertandingkan di sana. Jadi Covid yang muncul itu juga di sini sesuai dengan (jumlah) kontingen, banyaknya di Jayapura," ujar Zainudin.
Ia menambahkan, pemerintah sudah sejak sebelum PON memberi perhatian khusus terhadap Covid-19, khususnya kepada masyarakat yang berada di sekitar venue dan penginapan atlet. Jumlah masyarakat yang sudah tervaksin di lokasi-lokasi tersebut juga sudah mencapai 60-70 persen.
"Sistem yang dilakukan di PON Papua ini adalah sistem bubble. Para kontingen, atlet, dan pelatih itu tinggal di penginapan atau di wisma atlet dan mereka hanya datang ke tempat pertandingan. Setelah bertanding mereka kembali lagi. Bagi mereka yang sudah selesai pertandingan apakah menyelesaikan pertandingan sampai akhir atau mengalami kekalahan maka mereka maksimal hanya boleh tinggal di Papua itu dua hari. Artinya sambil menunggu tes PCR-nya ya (untuk penerbangan)," kata Zainudin menjelaskan.
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral