Nama Jalan Tokoh Turki Menuai Pro Kontra, Begini Respon Warga

Senin, 18 Oktober 2021 - 10:48 WIB

Jakarta - Salah satu ruas jalan di ibukota akan diganti namanya menjadi nama tokoh sejarah Turki, Mustafa Kemal Ataturk. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan ini merupakan kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Turki. Namun tak semua orang setuju mengenai penggantian nama jalan yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat tersebut.
Daerah ini menjadi perbincangan hangat berawal dari pernyataan Duta Besar Indonesia di Ankara, Turki yaitu Lalu Muhammad Iqbal yang menyebutkan bahwa salah satu nama jalan di kawasan Menteng ini akan digantikan dengan nama tokoh Turki. Hal ini sebagai bentuk timbal-balik dimana sebelumnya nama presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno namanya juga diabadikan sebagai nama jalan di ibu kota Turki.
"Jadi memang ada keinginan dari kita dan dari pemerintah Turki agar ada nama dari kita yang ada di Turki dan juga nama tokoh dari Turki. Jadi sama-sama, insya Allah ini bagian dari kerjasama antara Indonesia dan juga pemerintah Turki," ujar Riza.
Namun sebagian warga di Jakarta mengaku kurang setuju dengan rencana pergantian nama tersebut. Menurut Wida, salah satu warga Jakarta, tokoh Mustafa Kemal Ataturk memang terkenal dan revolusioner, tetapi ia tak paham tujuan pemberian nama tersebut di jalanan ibu kota Indonesia. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral