Pelatih: Pemain Sudah Tahu Merah-Putih Tidak Berkibar, Tapi Indonesia Raya Masih Bisa Dinyanyikan

Selasa, 19 Oktober 2021 - 09:42 WIB

Aarus, Denmark - Tim bulutangkis Indonesia berhasil menaklukan Cina pada final Piala Thomas yang berlangsung tadi malam (17/10/2021) di Ceres Arena Denmark. Hasil ini membuat Indonesia juga berhasil menyegel gelar juara Piala Thomas untuk yang ke-14 kalinya atau peraih juara terbanyak di sejarah Piala Thomas.
Inilah momen yang membuat bahagia seluruh rakyat Indonesia berkumandangnya lagu Indonesia Raya di Ceres Arena, Denmark tadi malam mengakhiri penantian 19 tahun tim bulutangkis tanah air merengkuh kembali dan memulangkan Piala Thomas ke Indonesia sejak terakhir kali di tahun 2002 silam, meski bendera merah putih tak bisa berkibar.
“Kita sebenarnya sudah tahu kalau nanti naik ke podium itu tidak boleh bendera merah putih dikibarkan akan tetapi lagu Indonesia Raya bisa dinyanyikan itu salah satu motivasi para pemain untuk membuktikan. Saya sebagai pelatih juga sudah terlalu lama menunggu 19 tahun untuk bisa membawa pulang Piala Thomas,” ungkap Pelatih Ganda Putra, Herry Iman Pierngadi dalam wawancara eksklusif kepada tvOne.
Diketahui, Indonesia dilarang mengibarkan bendera merah putih di Piala Thomas 2020 karena mendapatkan sanksi dari Badan Anti-doping Dunia (WADA). Sanksi tersebut diberikan pada 7 Oktober 2021 seperti dirilis di situs resmi WADA.
Sementara itu, tim bulutangkis Indonesia menurunkan Anthony Sinisuka Ginting, pasangan Ryan/Fajar, dan tunggal Jonatan Christie untuk melakoni tiga pertandingan pertama di final Piala Thomas menghadapi Cina.
Melawan Lu Guang Zu, tunggal Tanah Air yakni Anthony Sinisuka Ginting sempat takluk 18-21 di game pertama sebelum akhirnya membalikkan keadaan pada dua game berikutnya dan meraih kemenangan. Berikutnya giliran pasangan ganda Rian Ardianto dan Fajar Alfian meraih kemenangan melalui dua game langsung atas pasangan Cina He Ji Ding/Zhao Hao Tong.
Menjadi penentu kemenangan Indonesia Jonathan Christie perlu melakoni tiga jam untuk menaklukkan tunggal Cina Li Shi Feng sekaligus mengakhiri partai final Piala Thomas 2020 untuk kemenangan tim bulutangkis Indonesia atas Cina. Tim bulutangkis Indonesia berhasil mengakhiri penantian panjang usai meraih kemenangan di final Piala Thomas 2020 atas Cina yang berlangsung di Denmark tadi malam. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral