Dua Tahun Masa Pemerintahan Jokowi - Maaruf

Rabu, 20 Oktober 2021 - 14:41 WIB

Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan wakil presiden Ma'ruf Amin genap dua tahun pada hari ini. Kebijakan yang paling mencolok dalam dua tahun pemerintahan Jokowi Ma'ruf yakni penanganan Pandemi Covid-19.
Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan wakil presiden Ma'ruf Amin hari ini, 20 Oktober 2021 genap berusia dua tahun. Suasana masa pandemi masih menyelimuti 2 tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.
Sejak Jokowi mengumumkan kasus pertama pada 2 Maret 2020, penanganan kasus harian Covid-19 masih fluktuatif. Setiap harinya, tercatat puncak-puncak kasus terjadi selama periode Juni-Agustus 2021.
Lonjakan kasus Covi-19 membuat rumah sakit dan fasilitas kesehatan di berbagai daerah termasuk di DKI Jakarta kesulitan menampung pasien.
Selain itu, sempat terjadi kelangkaan stok oksigen. Di periode yang sama, angka kematian akibat Covid-19 juga tinggi. Dalam sehari, ratusan hingga ribuan pasien Covid-19 meninggal dunia.
Lonjakan kasus Covid-19 juga berdampak pada proses pemakaman jenazah pasien. Banyak tempat pemakaman yang penuh. Dalam respon rujakan kasus Covid-19 Presiden Joko Widodo menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat pada tiga Juli 2021.
Kemudian kebijakan tersebut berubah menjadi PPKM level 4. Setiap daerah mengalami penurunan kasus Covid-19 diturunkan menjadi ke level 3, 2, dan 1. Pemerintah terus melakukan evaluasi secara berkala setiap penurunan level PPKM.
Pemerintah melakukan pelonggaran di setiap sektor, mulai pembukaan pusat perbelanjaan bioskop, hingga pelaksanaan pembelajaran tatap muka.
Pemerintah juga terus menggencarkan vaksinasi agar tercapai kekebalan komunal. Pemerintah menargetkan 70% penduduk Indonesia telah divaksin Covid-19 pada akhir 2021.
Meski ada sejumlah kritikan, mamun sebagian besar berlaku cukup puas dengan kebijakan dan proyek pembangunan infrastruktur yang telah dibangun dalam masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo.(awy)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:06
01:46
02:38
03:57
02:09
03:28
Viral