Dugaan Pelanggaran Disiplin, Aipda Ambarita & Aiptu Jakaria Dimutasi

Kamis, 21 Oktober 2021 - 08:53 WIB

Jakarta - Diduga melanggar SOP, Aipda Ambarita diperiksa oleh Propam Polda Metro Jaya. Selain itu, polisi 'artis' Aiptu Jakaria alias Jacklyn Chopper dan Aipda Monang Parlindungan Ambarita dimutasi ke Bidang Humas Polda Metro Jaya.
Mutasi kedua polisi yang juga dikenal sebagai polisi Youtuber itu, menyusul adanya tindakan keduanya yang viral di media sosial karena menggeledah isi ponsel warga tanpa surat izin. 
“Memang betul kita akui jika Aipda Ambarita ada dugaan kesalahan SOP sehingga sekarang ini Ambarita kita lakukan pemeriksaan di Propam,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dalam konferensi persnya.
Sebelumnya, Ambarita adalah Banit 51 Unit Dalmas Satuan Sabhara Polres Metro Jakarta Timur. Dia dimutasi dari jabatan tersebut menjadi Bintara Bidang Humas Polda Metro Jaya.
Kendati demikian, Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto turut mengungkapkan pendapatnya. Menurutnya, polisi diberikan kewenangan oleh Undang-Undang untuk memeriksa identitas, mengambil foto, mengambil sidik jari dan sebagainya tetapi tentunya harus jelas konteksnya.
“Mereka harus pakai surat perintah, dalam kasus ini ketika polisi akan memeriksa HP seseorang itu menyangkut privacy yang bersangkutan kita harus menghargai dan menghormati privacy orang itu,” ujar Benny dalam program Apa Kabar Indonesia Malam. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral