Deklarasi Dukung Anies di Capres 2024 Mencuat, Pakar: Punya Peluang Namun Terancam!

Kamis, 21 Oktober 2021 - 09:25 WIB

Jakarta - Komunitas Anies atau Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera mendeklarasikan dukungan mereka kepada Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024. Komunitas Anies menilai Gubernur DKI Jakarta tersebut berhasil memimpin DKI Jakarta.
Deklarasi dukungan tersebut digelar di Gedung Juang 45. Komunitas ini mengklaim Anies Baswedan berhasil memimpin DKI Jakarta setelah empat tahun terakhir. Komunitas Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) akan melakukan konsolidasi dan memperkuat jaringan untuk mempertahankan Anies pada Pilpres 2024.
Pada hari ini (20/10/2021), Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) telah mendeklarasikan Anies Baswedan untuk maju ke Pilpres 2024. Ini artinya wajah-wajah baru seperti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan ini siap untuk bertanding di Pilpres 2024 setelah sebelumnya ada Prabowo Subianto yang menyatakan diri melalui Sekjen Partai Gerindra akan maju ke Pilpres 2024. Lantas, siapa diantara mereka bertiga yang paling berpeluang?
Terkait hal ini, Pakar Politik Hanta Yudha turut memberikan tanggapannya. Menurutnya, secara elektabilitas masing-masing mempunyai prospek dan peluang. Tiga nama ini, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo mempunyai kompleksitas politik.
Kendari demikian, Hanta mengatakan jika didata survei Anies Baswedan relatif stagnan dalam elektabilitasnya. “Kalau kita perhatikan Anies dalam personal branding dia itu dikenal adalah cerdas dan visioner. Kalau Prabowo adalah figur yang tegas dan berani, sedangkan Ganjar yaitu merakyat dan sederhana. Poin saya yang paling digandrungi oleh pemilih di Indonesia adalah yang merakyat dan sederhana itu yang menjadi tantangan Anies Baswedan sebagai calon presiden,” ungkapnya.
Ia berujar jika momentum Anies telah lewat. Ketika ditanya kembali perihal peluang Anies Baswedan untuk mengambil momentum dalam Capres 2024 nanti, Hanta pun memberikan keterangannya secara tegas. “Anies Baswedan sebenarnya punya peluang tetapi terancam akan tertinggal oleh Prabowo dan Ganjar Pranowo,” sebutnya. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral