Pilpres 2024, Adu Kuat Ganjar Pranowo - Puan Maharani

Jumat, 22 Oktober 2021 - 09:34 WIB

Jakarta - Deklarasi antara para pendukung tokoh yang digadang-gadang akan melaju di Pilpres 2024 terus terjadi. Sebelumnya deklarasi dikumandangkan dari para relawan pendukung Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, kemarin Relawan Wong Kito menyatakan dukungannya terhadap Puan Maharani untuk maju di Pilpres 2024.
Sejumlah elemen masyarakat yang menamakan diri Relawan Wong Kito mendeklarasikan dukungannya kepada Ketua DPR RI Puan Maharani untuk melaju dalam pilpres 2024. Deklarasi ini dilakukan di Palembang, Sumatra Selatan, Rabu (20/10) kemarin.
Menurut Koordinator Pusat Relawan Wong Kito, Joni Iskandar, dukungan terhadap Puan diberikan mengingat Puan memiliki darah Palembang. Selain itu deklarasi dukungan ini dilakukan setelah mengingat banyaknya jasa almarhum Taufiq Kiemas, ayah Puan, terhadap Sumatra Selatan. Mereka juga menilai sosok Puan Maharani mewakili masyarakat Sumatra Selatan yang memiliki kapabilitas untuk maju sebagai capres.
Hingga kini sudah beberapa calon kontestan dan dua di antaranya muncul dari partai banteng. Hanta Yuda mengatakan baik Puan Maharani maupun Ganjar Pranowo merupakan calon kuat dalam perang bintang 2024 nanti. Hal ini dikarenakan posisi Puan sebagai orang terkuat dalam tubuh PDIP setelah Ketua Umumnya, Megawati Soekarnoputri. Pun, Puan juga memegang jabatan strategis dalam pemerintahan sebagai Ketua DPR RI.
Namun demikian, Hanta menambahkan, ada beberapa nama lain yang diketahui memiliki elektabilitas yang tinggi.
"Kalau berdasarkan data survey, ada tiga nama yang bisa dikelompokkan ke dalam calon presiden kuat. Indikator yang paling sederhana yaitu perolehan elektabilitas yang cenderung dua digit dan stabil, yaitu Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto," ungkap pakar politik ini.
Menurut data yang dihimpun Poltracking, elektabilitas Ganjar Prabowo cenderung mengalami peningkatan. Adapun Prabowo justru turun dan Anies Baswedan sedang stagnan. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral