85 Tahun Dinyatakan Hilang, BPCB Jatim Temukan Bangkai Kapal Van Der Wijck

Minggu, 24 Oktober 2021 - 17:55 WIB

Jawa Timur - Tim gabungan arkeolog Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Jawa Timur berhasil menemukan bangkai yang diduga kapal Van der Wijck yang karam pada tahun 1936.
Selama 85 tahun, dinyatakan hilang, bangkai kapal raksasa ini berhasil ditemukan di perairan laut Brondong Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.
Upaya eksplorasi yang dilakukan tim gabungan arkeolog dari Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCP) Jawa Timur akhirnya berbuah hasil.
Tim arkeolog berhasil mendokumentasikan foto maupun video di dalam laut yang menunjukkan sejumlah benda yang diduga merupakan kapal Van der Wijck yang karam sejak tahun 1936.
Tim gabungan arkeolog BPCP Jawa Timur, eksplorasi tim menemukan titik lokasi kapal Van der Wijck di perairan laut Brondong sudah sejak lama.
Namun, karena kondisi perairan yang keruh, upaya eksplorasi kembali dilanjutkan pada Oktober 2021 ini.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan mengatakan Pemkab Lamongan terus mendukung upaya eksplorasi yang dilakukan tim gabungan.
Bila bangkai kapal berhasil diangkat, pemerintah daerah berharap peninggalan ini akan dijadikan kawasan wisata sejarah.(awy)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral