Bangkai Kapal Van Der Wijck Ditemukan Usai Karam 85 Tahun Lalu

Senin, 25 Oktober 2021 - 13:33 WIB

Lamongan, Jawa Timur - Tim gabungan arkeolog badan pelestarian cagar budaya Trowulan, Jawa Timur menemukan bangkai kapal yang diduga adalah kapal Van der Wijck. Peninggalan itu akan dijadikan kawasan wisata sejarah.
Upaya eksplorasi yang dilakukan tim gabungan arkeolog dari badan pelestarian cagar budaya BPCB Jawa Timur, akhirnya berbuah hasil.
Tim arkeolog berhasil mendokumentasikan foto maupun video di dalam laut, yang menunjukkan sejumlah benda yang diduga merupakan kapal Van der Wijck yang karam sejak tahun 1936.
Tim gabungan arkeolog BPCB Jawa Timur, eksplorasi tim menemukan titik lokasi kapal Van der Wijck di perairan laut Brondong sudah sejak lama,namun karena kondisi perairan yang keruh upaya eksplorasi kembali dilanjutkan pada Oktober 2021 ini.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan mengatakan Pemkab Lamongan terus mendukung upaya eksplorasi yang dilakukan tim gabungan. 
Bila bangkai kapal berhasil diangkat, pemerintah daerah berharap peninggalan ini akan dijadikan kawasan wisata sejarah. 
Penemuan bangkai kapal ini tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Lamongan, melainkan juga sebagai bagian dari kebanggaan dunia.(awy)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral