Ditertibkan Ganjar, Jembatan Timbang Jateng Bebas Pungli

Jumat, 29 Oktober 2021 - 14:02 WIB

Jawa Tengah - Tujuh tahun berlalu sejak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sidak memergoki staf jembatan timbang. Staf tersebut terlihat melakukan pungli dan memancing kemarahan Ganjar. Hal ini dipicu karena Ganjar melihat kernet truk mendatangi petugas sambil menggenggam uang. Di saat itu petugas di jembatan timbang ditegur langsung oleh Gubernur Jawa Tengah.
Kini jembatan timbang serentak seJawa Tengah telah berubah lebih tertib dengan menerapkan kedisiplinan untuk meniadakan pungli. Terlihat dari terpasang spanduk bernada larangan tidak melakukan pungli.
Selain itu kini sistem operasional jembatan timbang terintegrasi dengan sistem di Kementerian Perhubungan di Jakarta sehingga segala aktivitas jembatan timbang terpantau langsung dari sistem pelaporan. "Terkait dengan penerapan teknologi dengan menerapkan jembatan timbang online, itu nanti bisa online data seluruh UPPKB yang ada di Indonesia. Itu akan terintegrasi dengan sistem pada kantor pusat di Jakarta," ujar Joko Umboro selaku Kasi Sarana dan Prasarana BPTD Wilayah X Jateng-DIY. 
Petugas Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) atau jembatan timbang aktif di Jawa Tengah memberikan informasi izin angkutan umum yang dibutuhkan kepada awak kendaraan muatan. UPPKB  dalam melakukan tugasnya juga sesuai dengan prosedur yang berlaku saat truk melakukan timbangan muatan.
Diharapkan setelah aksi sidak Gubernur Jawa Tengah, petugas UPPKB di wilayah tugasnya terus meninggalkan praktik pungli. Sebab perilaku tersebut sama saja mengorbankan integritas sendiri baik bagi masing-masing pribadi maupun instansi. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:24
02:47
02:23
01:31
03:15
01:19
Viral