Diperkirakan 10 Hektar Taman Nasional Komodo Hangus Terbakar

Kamis, 4 November 2021 - 11:58 WIB

Labuan Bajo, NTT - Peristiwa miris terjadi saat pemimpin dunia tengah melaksanakan KTT perubahan iklim. Lagi-lagi terjadi kebakaran di area Taman Nasional Komodo, tepatnya di Pulau Rinca, NTT.
Kebakaran terjadi sejak Selasa (2/11) kemarin. Api menyebar cepat akibat lokasi merupakan padang savana yang kering. Selain itu cuaca yang sangat panas juga membuat api menyebar dengan cepat.
43 petugas dari Balai Taman Nasional Komodo pun melakukan pemadaman secara manual karena titik api berada di puncak bukit sehingga lokasi tak bisa diakses oleh kendaraan pemadam kebakaran. Upaya pemadaman juga melibatkan 11 anggota Polri.
Luas area yang terbakar diperkirakan sekitar 10 hektar. Tidak ada korban jiwa dan tidak ada satupun satwa Komodo yang mati akibat kebakaran.
"Api pertama kali teridentifikasi pukul 15.25. Api padam pada pukul 08.00 pagi dan kami memastikan betul-betul padam itu itu setengah empat sore. Kendalanya adalah topografi karena memang area tersebut topografinya terjal dan savana, sedikit pepohonan sehingga menyulitkan pergerakan petugas untuk melakukan pemadaman. Sampai sejauh ini kami mengidentifikasi tidak ada seekorpun satwa komodo yang mati akibat kebakaran," ungkap Kasubbag TU Balai Taman Nasional Komodo, Dwi Putro Sugiarto. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral