Harga Telur Naik Namun Peternak Masih Rugi Akibat Mahalnya Pakan

Senin, 8 November 2021 - 15:50 WIB

Rembang, Jawa Timur - Harga telur ayam mulai merangkak naik. Meski belum stabil, para peternak ayam petelur di Rembang, Jawa Timur mengaku masih merugi karena harga pakan ayam masih mahal. Sementara peternak tidak bisa sembarangan mengganti pakan ayam demi mengurangi kerugian.
Para peternak ayam petelur di Kabupaten Rembang sedikit lega karena harga telur ayam dalam sepekan terakhir merangkak naik. Yang sebelumnya Rp15.000-Rp16.500 per kilogram naik menjadi Rp18.500 per kilogram.
Namun para peternak mengaku masih merugi karena harga normal di tingkat peternak adalah di atas Rp20.000 per kilogram. Kerugian semakin terasa karena harga pakan ayam masih di atas normal.
Peternak menyatakan harga pakan saat ini naik sekitar empat puluh persen.
"Kami tetap merugi. Kita tidak berani main-main untuk misal ganti pakan. Apapun kerugian tetap kita tanggung walaupun lama-kelamaan harus menjual ayamnya daripada kerugian banyak," ujar salah satu peternak di Rembang.
Para peternak ayam petelur mendesak intervensi pemerintah untuk menstabilkan harga telur ayam dan juga harga pakan ayam petelur sehingga usaha mereka tidak gulung tikar. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:02
00:50
01:52
01:30
00:44
Viral