Kebakaran Tangki Minyak Berhasil Dikendalikan, Begini Pernyataan Dirut Pertamina

Senin, 15 November 2021 - 12:01 WIB

Cilacap, Jawa Tengah - Setelah berjuang lebih dari 12 jam, petugas akhirnya berhasil memadamkan api tangki minyak Pertamina Cilacap. Meski sudah padam, dampak lanjutan masih dirasakan warga di sekitar kilang Pertamina yang terbakar. Pemerintah perlu melakukan evaluasi dan investigasi menyeluruh.
Setelah terbakar sekitar 12 jam lebih petugas dari Pertamina akhirnya berhasil memadamkan api di tangki 36T 102 di kilang minyak Pertamina Cilacap, Jawa Tengah. Api pertama kali berhasil dipadamkan pada pagi tadi. Setelah kobaran api sempat muncul kembali, status darurat baru dicabut pada pukul 09.15 WIB.
"Bahwa saat ini kebakaran tangki telah dapat dipadamkan secara total lebih tepatnya pada jam 07.45 tadi pagi semua telah padam dan kita telah menyatakan aman itu pada 09.15," ungkap CEO Subholding Refinery & Petrochemical Pertamina, Djoko Priyono kepada awak media.
Dirut Pertamina Nicke Widyawati mengaku kilang minyak Pertamina Cilacap telah mulai beroperasi normal. Pertamina memastikan bahwa kebakaran tidak akan mengganggu stok atau pasokan BBM.
"Kepada seluruh masyarakat kami menjamin pasokan BBM dan elpiji tidak terganggu dengan adanya insiden ini. Jadi mohon tidak ada panic buying. Langkah awal yang terus kami pastikan adalah keamanan dari rekan-rekan yang ada di kilang maupun masyarakat setempat dan alhamdulillah masyarakat ini semuanya juga sudah aman," ujarnya.
Meski kebakaran berhasil dipadamkan, warga yang berada di sekitar kilang masih merasakan dampak lanjutan. Rumah dan properti milik warga menjadi kotor akibat kepulan asap. Kebakaran juga membuat sumur-sumur warga tercemar minyak dan tidak layak digunakan. Warga berharap ada solusi yang jelas seperti adanya bantuan air bersih. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral