Hendak Mudik, Seorang Ibu Melahirkan di Dalam Mobil PJR di Tol Palikanci

Jumat, 19 November 2021 - 09:34 WIB

Cirebon, Jawa Barat - Seorang penumpang bus dari arah Jakarta menuju Pekalongan melahirkan bayi perempuan di tol Palikanci. Ibu tersebut melahirkan di dalam mobil patroli milik polisi jalan raya Palikanci-Pejagan Sat PJR Ditlantas Polda Jawa Barat.
Inilah video amatir seorang penumpang bus asal Kampung Rawadas, Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur yang terpaksa melahirkan di dalam mobil patroli jalan raya di tol Palikanci, Cirebon, Jawa Barat.
Menurut keterangan petugas kepolisian awalnya Watriah sedang melakukan perjalanan pulang kampung ke Magelang bersama suaminya dengan menumpang bus. Saat bus yang ditumpangi Watriah dan keluarga tiba di tol Palikanci, ibu muda itu merasakan akan melahirkan.
Proses persalinan pun dilakukan secara darurat di dalam mobil patroli jalan raya tol Palikanci. Selain petugas kepolisian, proses persalinan dibantu oleh bidan dari Puskesmas Ciperna.
AKP Aries Riyanto, Kanit VIII PJR Palikanci-Pejagan
"Saat itu saya bersama anggota saya sedang melaksanakan patroli tepatnya di KM 214, sebelum keluar gerbang tol kanci. Nah pada saat berhenti di bahu (jalan) tiba-tiba ada kendaraan bus berhenti di depan kendaraan patroli saya. Tidak lama kernet keluar sambil berlari-lari dan memberitahu saya, Pak saya minta tolong itu ada penumpang saya akan melahirkan. Tidak lama saya manggil anggota saya kemudian dari dalam bis dikeluarkan sama anggota saya. Kemudian dimasukkan ke mobil patroli," tutur AKP Aries Riyanto, Kanit VIII PJR Palikanci-Pejagan
Bidan Puskesmas Ciperna yang membantu proses persalinan menjelaskan Watriah melahirkan bayi perempuan dengan berat tiga kilogram dan panjang 49 cm.
"Secara umum kondisi Ibu dan bayi baik, sehat kedua-duanya. Kehamilannya adalah kehamilan yang cukup bulan. Berat badan bayi lahirnya 3000 gram, panjang bayinya 49 cm. Secara keseluruhan baik enggak ada masalah," ungkap Ni Wayan Putri, bidan puskesmas Ciperna.
Setelah dipastikan kondisi ibu dan anak sehat, petugas Puskesmas pun mengantarkan keluarga kecil tersebut menuju Pekalongan, Jawa Tengah. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral