Benarkah Bandara Kualanamu Dijual ke Asing Triliunan Rupiah? | Ecoflash tvOne

Selasa, 30 November 2021 - 13:58 WIB

Jakarta - Dalam beberapa hari belakangan ramai diperbincangkan di berbagai platform sosial media tentang Bandara Kualanamu di Sumatera Utara yang akan dijual Pemerintah Indonesia ke India.
Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu yang awalnya menuliskan soal Bandara Kualanamu dijual ke India. Said Didu menuliskannya di akun Twitter pribadinya, Ia menyebut bahwa sudah ada bentuk penjualan saham dalam pengelolaan Bandara Kualanamu kepada pihak asing.
Menurutnya, ada penjelasan dari PT Angkasa Pura II selaku BUMN pengelola Bandara Kualanamu bahwa pengelolaan Bandara Kualanamu berbentuk joint venture dan membentuk perusahaan baru. Said Didu menerjemahkan hal ini adalah menyangkut pelepasan saham dan bila ada pelepasan saham itu berarti sudah penjualan aset bukan lagi joint operation.
Menurut Said Didu, pengelolaan bandara dan pelabuhan yang berlaku di dunia terkait dengan dua hal utama yakni otoritas negara dan bisnis. Adanya otoritas negara membuat pengelolaannya tidak boleh diserahkan kepada pihak asing.
Berkaitan dengan hal ini manajemen PT Angkasa Pura II Persero menyatakan telah terpilih GM Airport Konsorsium sebagai mitra strategis untuk mengembangkan Bandara Kualanamu dengan investasi minimal Rp15 Triliun. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:31
01:01
30:44
21:02
02:21
04:56
Viral