BMKG: Indonesia Menuju Puncak Musim Hujan, Waspadai Bencana Hidrometeorologi

Selasa, 7 Desember 2021 - 10:33 WIB

Jakarta - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika mengatakan bahwa dari data pengamatan curah hujan yang dikumpulkan oleh BMKG curah hujan sampai pada intensitas sangat lebat.
"Jadi tidak hanya lebat, tetapi sangat lebat," sebut Dwikorita Karnawati. 
Pihaknya memprediksi kondisi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bahkan sangat lebat masih dapat terjadi paling tidak hingga tanggal 8 Desember mendatang.
Untuk itu ia mengimbau para pemangku kebijakan di seluruh daerah untuk mewaspadai terjadinya genangan atau banjir karena hujan yang juga bisa berlangsung berhari-hari. Kondisi ini terjadi secara merata hampir di seluruh wilayah Indonesia.
"Maka dari itu kami terus memohon, mengimbau tetap terus waspada potensi hujan lebat, ekstrim bahkan. Dan potensi dampaknya dalam bentuk bencana hidrometeorologi yaitu banjir, banjir bandang, longsor dan mohon terus memonitor perkembangan cuaca dan peringatan dini cuaca yang terus kami sampaikan melalui aplikasi mobile phone Info BMKG ataupun social media @infoBMKG dan website BMKG," pinta Dwikorita.
Ia juga meminta segenap pemangku kebijakan dan masyarakat untuk tetap terus menjaga lingkungan agar tidak memperparah kondisi yang rawan banjir ini.
Selain itu Dwikorita mengatakan, masyarakat yang berada di pesisir untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi terutama di pantai-pantai di Samudra Hindia yaitu sebelah Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara, sebelah barat Pulau Sumatera tepatnya di pantai Laut Natuna, dan juga di pantai Samudera Pasifik seperti di Papua sebelah utara dan pantai Utara Sulawesi Utara. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral