Dinas Psikologi TNI AL Beri Bantuan Pemulihan Trauma Kepada Pengungsi Semeru

Selasa, 7 Desember 2021 - 14:04 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut memberikan bantuan psikis kepada anak-anak pengungsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.
Tim yang diberangkatkan terdiri dari tim psiko-edukasi dan Psikososial. Tim ini diterjunkan di bawah pimpinan Letkol Laut Mawi Utomo. Tim juga bekerja sama dengan Himpunan Psikologi Indonesia beberapa daerah, BNPB Lumajang, Polda Jawa Timur, TNI AU, TNI AD, Kemensos, Dinkes dan Puskesmas serta relawan.
Pendampingan diharapkan dapat membantu meringankan permasalahan psikologis bagi keluarga korban terutama anak-anak. Para psikolog ini akan melakukan berbagai terapi seperti terapi kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan bentuk berupa art therapy seperti menggambar, melukis, menyanyi, dan menari.
Letkol Laut Mawi Utomo mengungkapkan bahwa sebelum tim pendampingan psikologis datang, kondisi anak-anak di posko pengungsian cukup mencemaskan dan traumatik. Anak-anak itu bahkan merasa ketakutan ketika mendengar kata-kata "gunung".
"Setelah itu kami lakukan dengan psiko-edukasi dan psikososial mereka berangsur-angsur pulih kembali," sebutnya.
Tak hanya anak-anak, tim pendampingan psikologis juga memberikan terapi kelompok. Sedangkan untuk terapi individu hanya dilakukan terhadap warga yang memiliki prekondisi kesehatan mental.  (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral