Puluhan Rumah Warga Terkubur, Dusun Kamar Kajang Banjir Lahar Dingin

Rabu, 8 Desember 2021 - 15:35 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Banjir lahar dingin Gunung Semeru kembali menerjang hilir sungai Curah Kobokan di Lumajang, Jawa Timur. Banjir lahar dingin mengakibatkan endapan awan panas juga ikut terbawa lahar dan mengubur permukiman satu dusun.

Dalam video terlihat kondisi pemukiman warga di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur pasca diterjang banjir lahar dingin Semeru susulan. Puluhan rumah warga di sisi utara sungai aliran lahar ini telah terendam dan terkubur material vulkanik sisa erupsi Semeru.

Menurut warga, banjir lahar ini terjadi akibat hujan lebat terjadi di hulu sungai Semeru selama beberapa jam lamanya. Nahas, endapan awan panas di sisi selatan permukiman ikut terbawa dan akhirnya mengubur permukiman warga, serta menimbun jalan nasional.

Beruntung, sebelum lahar menerjang, semua penduduk telah diungsikan, sehingga tidak mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Saat ini warga mengaku semakin cemas akan terjadinya erupsi serta banjir lahar dingin susulan, mengingat endapan awan panas sudah mengubur rumah mereka.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral