Marak Pencurian Harta Korban Erupsi Semeru

Minggu, 12 Desember 2021 - 17:40 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Di tengah keprihatinan warga terdampak erupsi gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, dua rumah warga dan juga posko relawan menjadi sasaran aksi pencurian. Satu terduga pelaku berhasil ditangkap warga setelah tertangkap tangan mencuri di rumah warga.

Dua rumah dan satu posko relawan kebencanaan yang menjadi sasaran aksi pencurian terletak di dusun Kamar Kajang, desa Sumberwuluh, Lumajang. Aksi pencurian ini terjadi pada saat pemukiman warga ditinggal oleh pemilik rumah untuk mengungsi.

Pelaku yang diduga lebih dari satu orang masuk ke dalam rumah korban dengan cara mencungkil jendela dan pintu. Selain mencuri perabotan rumah tangga, pelaku juga menjarah sembako yang berada di posko relawan.

Warga berharap pihak kepolisian menurunkan personilnya untuk menjaga pemukiman warga yang kini sedang ditinggal para pemiliknya mengungsi.

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno mengatakan bahwa akses umum menuju lokasi bencana memang sudah diisolir. Namun berhubung luasnya wilayah terdampak dan banyaknya akses jalan tikus menuju lokasi maka pihak kepolisian pun kesulitan mengawasinya.

Namun demikian, Eka mengatakan pihaknya sudah menerjunkan tim patroli menggunakan sepeda motor untuk mengawasi pemukiman yang ditinggal pemiliknya.

Pihak kepolisian mengaku sudah mengamankan terduga pelaku namun Kapolres tetap mengimbau kepada warga untuk tidak main hakim sendiri saat menemukan orang-orang yang dicurigai. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
00:54
01:06
Viral