Stasiun Peringatan Dini Bahaya Lahar Gunung Semeru di Lumajang 15 Tahun Tak Berfungsi

Senin, 13 Desember 2021 - 12:41 WIB

Lumajang, Jawa timur - Stasiun peringatan dini bahaya lahar Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur belasan tahun dibiarkan mangkrak tak berfungsi. Padahal jika alat ini berfungsi dengan baik akan mampu meminimalisir jatuhnya korban saat erupsi Gunung Semeru terjadi.

Stasiun peringatan dini bahaya lahar Gunung Semeru ini didirikan di rumah Ibu Surtinah. dusun Kebondeli Utara, desa Sumberwuluh, Lumajang sejak tahun 2000 silam.

Namun sayang alat yang didirikan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Brantas Kementerian PUPR sudah 15 tahun terakhir tidak berfungsi akibat mengalami kerusakan dan dibiarkan mangkrak.

Tower sirine dan antena alat komunikasi kini kondisinya sudah rusak dan berkarat akibat kurang perawatan. Petugas pos jaga yang sekaligus pemilik rumah mengaku sudah berulangkali melaporkan agar alat yang rusak segera diperbaiki namun tidak pernah ada realisasinya.

Warga berharap semua stasiun peringatan dini ini segera diperbaiki dan difungsikan kembali demi keselamatan warga lereng gunung tertinggi di Pulau Jawa ini. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral