Update Terkini Kondisi Warga & Aktifitas Semeru

Minggu, 19 Desember 2021 - 10:08 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Dua pekan sudah warga terdampak bencana Semeru di Lumajang Jawa Timur tinggal di pengungsian. Selama mengungsi, warga mengaku semua kebutuhan telah terpenuhi. Namun warga berharap ada bantuan berupa uang tunai untuk kebutuhan memperbaiki rumah yang rusak.

Suasana di Dusun kebondeli Utara Desa Sumberwuluh, Lumajang pasca diterjang banjir lahar dingin Semeru terlihat luluh lantak. Batang kayu dan bambu nampak masih berserakan di sekitar pintu masuk Dusun Kampung Renteng akibat luapan Sungai Sesuk Cangkah.

Puluhan rumah warga yang sudah tertimbun material vulkanik kini ditinggalkan pemiliknya untuk pengungsi. Sebagian perabotan rumah tangga pun sudah dipindahkan ketempat yang lebih aman.

Meskipun semua kebutuhan hidup sehari-hari telah dipenuhi selama tinggal di pengungsian, kini warga mengaku mulai jenuh. Warga berharap ada bantuan uang tunai untuk kebutuhan perbaikan maupun kontrak rumah sambil menunggu relokasi.

Hingga saat ini, lebih dari 10.000 warga terdampak bencana Semeru terpaksa tinggal di 155 titik pengungsian, baik yang terpusat maupun yang tersebar. Selain merasakan kejenuhan, sebagian pengungsi mulai terserang penyakit.

Hingga Sabtu kemarin, Gunung Semeru masih mengeluarkan hembusan awan panas. Sementara upaya pencarian korban hilang masih dilakukan di tengah guguran material erupsi Semeru.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
25:54
04:20
00:52
02:08
02:13
01:10
Viral