Larangan Pesta Malam Tahun Baru, 11 Ruas Jalan di Jakarta Ditutup

Kamis, 30 Desember 2021 - 22:44 WIB

Jakarta - Polda Metro Jaya melarang perayaan malam tahun baru 2022 di seluruh wilayah DKI Jakarta guna mencegah penularan Covid-19. Untuk menekan kerumunan massa di malam pergantian tahun, Polda Metro Jaya memberlakukan penutupan 11 ruas jalan di Jakarta.

Untuk mencegah kerumunan massa di malam pergantian tahun, Pemprov DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya memberlakukan crowd free night selama dua hari. Selama dua hari pemberlakuan crowd free night akan ada 11 ruas jalan protokol ibukota yang ditutup. Penutupan ini dikarenakan berpotensi menjadi pusat keramaian yang mungkin akan menjadi pusat penyebaran virus Covid-19.

Ruas jalan yang ditutup antara lain adalah:
1. Kawasan Asia Afrika
2. Kawasan Gunawarman - Senopati - SCBD
3. Kawasan Mahakam - Bulungan - Barito
4. Kawasan Sudirman - Thamrin
5. Kawasan Kota Tua
6. Kawasan Monumen Nasional (Monas)
7. Kawasan Kemayoran
8. Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2
9. Kawasan Kemang
10. Kawasan Banjir Kanal Timur (BKT)
11. Kawasan Danau Sunter, Jakarta Utara

Penutupan jalan akan mulai berlaku pada hari Jumat 31 Januari pukul 22.00 - 04.00 WIB dan kemudian dilanjutkan pada tanggal 1 Januari 2022 pada jam yang sama.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran mengatakan pihak kepolisian mengikuti regulasi dari Pemerintah Pusat dimana sejumlah tempat publik seperti alun-alun ditutup agar tidak ada aktivitas masyarakat.

Sementara itu kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol juga tidak menggelar pesta kembang api saat pergantian tahun nanti. Namun kawasan Ancol tetap dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2021 dan 1 Januari 2022 dengan jam operasional mulai dari 06.00 hingga 14.00 WIB.

Selain membatasi jam operasional, pengelola juga membatasi jumlah pengunjung yakni sebanyak 75 persen dari total kapasitas pengunjung yang diperbolehkan. Dengan dibatasinya jam operasional kawasan wisata Ancol hingga jam 2 siang maka dapat dipastikan tidak akan ada kegiatan pesta kembang api pada malam pergantian tahun baru di kawasan wisata.

Sementara itu kawasan banjir kanal timur mulai dilakukan penutupan oleh petugas gabungan dari Sudin Binamarga, TNI, Polri, dan Satpol PP. Penutupan dilakukan menggunakan barrier beton agar tidak terjadi kerumunan massa saat malam pergantian tahun.

Selain itu para pedagang juga dilarang untuk berjualan sementara waktu mulai dari tanggal 31 Desember hingga tanggal 2 Januari 2022 mendatang. Nantinya petugas gabungan juga akan disiagakan di kawasan banjir kanal Timur pada malam pergantian tahun untuk menghindari adanya warga dan pedagang. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral