Protes Penghinaan Makam Leluhur di Lombok Timur, Massa Berkumpul di Depan Kantor Bupati

Rabu, 5 Januari 2022 - 18:02 WIB

Lombok Timur, NTB - Ribuan jemaah Tuan Guru Ali Batu Lombok Timur menggelar unjuk rasa di depan kantor Bupati Lombok Timur. Aksi ini dilakukan karena pasta tidak rela ulama kharismatik yang selama ini mereka kagumi dihina makamnya.

Lebih dari 6.000 orang yang merupakan jemaah Tuan Guru Ali Batu mengepung Kantor Bupati Lombok Timur. M masa sebelumnya berkumpul di Taman Kota Selong dan secara bersamaan berjalan ke kantor bupati.

Massa juga membawa spanduk berisi kecaman disertai foto pimpinan pondok Pesantren As-sunnah yang dicoret . Massa yang datang dari berbagai lokasi Lombok ini tidak rela jika ada ujaran kebencian dan penghinaan terhadap ulama.

Untuk meredakan massa, Bupati Lombok Timur bersama Kapolres menemui massa. Kapolres Lombok Timur meminta massa untuk tidak main hakim sendiri dan menahan diri.

Sebelumnya, perusakan sejumlah fasilitas di pondok Pesantren As-sunnah Bagek Nyaka Kabupaten Lombok Timur dipacu cuplikan video pimpinan Ponpes yang dianggap mendiskreditkan makam keramat leluhur.

Sementara itu, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin menegaskan agar mengedepankan toleransi dan kerukunan. Namun meskipun demikian, polisi tetap harus melakukan proses hukum atas kasus yang terjadi di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
05:26
Viral