Vaksin Booster Covid-19, BPOM Setujui lima Jenis Vaksin

Senin, 10 Januari 2022 - 13:20 WIB

Jakarta - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny Lukito memberi keterangan pers mengenai kebijakan vaksin booster yang akan mulai dilakukan bulan ini.
 
Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat 5 vaksin sebagai booster vaksin COVID-19. Pelaksanaan perdana vaksin booster untuk masyarakat umum akan digelar 12 Januari mendatang.
 
Kelima vaksin itu adalah vaksin Coronavac PT Bio Farma, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, Zifivax.
 
“Pertama vaksin Corona Vac PT Bio Farma ini adalah untuk booster homologous (satu jenis vaksin) akan diberikan sebanyak 1 dosis setelah 6 bulan dari vaksinasi primer dosis lengkap untuk usia 18 tahun," kata Penny dalam konferensi pers secara virtual, Senin (10/1/2022).
 
Coronavac Bio Farma berbahan baku vaksin Coronavac yang diproduksi Sinovac, perusahaan asal China.  Homologous berarti vaksin booster yang disuntikan sama dengan vaksin primer atau dosis pertama dan kedua. 
 
Kemudian, vaksin Moderna dengan pemberian setengah dosis yang bersifat homolog. Lalu, vaksin Moderna yang bersifat heterologous atau jenis yang berbeda diberikan pada dosis kedua AstraZeneca dan Johnson and Johnson.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral