Ormas Hindu Laporkan Pria Penendang Sesajen di Semeru ke Polisi

Selasa, 11 Januari 2022 - 09:52 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Polda Jawa Timur membentuk tim untuk memburu pelaku dan pembuat serta pengunggah video aksi pria yang membuang dan menendang sesajen di sungai aliran lahar Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Aksi tidak terpuji pria tersebut mengusik toleransi umat beragama.

Dalam video berdurasi 30 detik tersebut nampak seorang pria tengah melakukan aksi tak terpuji yakni membuang dan menendang sesajen yang diletakkan warga di sisi Selatan Hilir Besuk Curah Kobokan di Dusun Sumbersari, Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur. Sebelum membuang dan menendang, pria tersebut mengatakan hal-hal yang dianggap bisa mencederai kerukunan antar umat beragama di Lumajang.

Sementara itu, Bupati Lumajang pun langsung mengambil sikap tegas agar pihak kepolisian dan para relawan mencari keberadaan pelaku sekaligus menangkapnya. “Baik aparat maupun relawan yang ada di sana untuk mencari darimana orang itu atau identitasnya siapa orang itu dari kelompok mana orang itu. Saya minta segera untuk dicari dan segera harus melakukan klarifikasi,” ujar Bupati Lumajang, Thoriqul Haq.

Buntut dari video viral tersebut umat Hindu yang tergabung dalam Prajaniti Hindu Dharma Jawa Timur mendatangi Gedung SPKT Polda Jatim untuk melaporkan pelaku dalam video viral yang menendang dan membuang sesaji milik umat Hindu. Bagi mereka apa yang ditunjukkan pelaku dalam video viral tersebut telah mengusik toleransi umat beragama.

Sementara itu, Polda Jatim juga telah membentuk tim untuk memburu pelaku membuat dan pengunggah video yang meresahkan warga ini. (adh)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral