Pemerintah Sudah Menetapkan Nama untuk Ibu Kota Baru

Selasa, 18 Januari 2022 - 09:52 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia telah melakukan transformasi ekonomi yang memiliki nilai tambah serta memaksimalkan ekonomi digital. Karena itu, Ibu Kota baru di Kalimantan Timur menjadi bagian dari transformasi besar-besaran yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara industri besar yang patut diperhitungkan dunia.

“Saya ingin menegaskan mengenai Ibu Kota baru bahwa Ibu Kota baru kita ini adalah bagian dari transformasi besar-besaran yang ingin kita lakukan tersebut. Pembangunan Ibu Kota baru ini bukan semata-mata memindahkan fisik kantor-kantor pemerintahan. Tujuan utama adalah membangun kota baru yang smart di kota baru yang kompetitif di tingkat Global, membangun sebuah lokomotif baru untuk transformasi,” ungkap Jokowi.

Menurutnya, Negara Indonesia menuju sebuah Indonesia yang berbasis inovasi dan berbasis teknologi yang berbasis green economy karena dari sinilah akan memulai.

“Secara fisik pembangunan Ibu Kota baru di Kalimantan Timur ini harus dijadikan momentum untuk membangun sebuah kota yang sehat, kota yang efisien, kota yang produktif yang dirancang sejak awal dan warganya kemana-mana dekat, warganya ke mana-mana bisa naik sepeda, kemana-mana bisa jalan kaki karena zero emission yang menyediakan pelayanan keamanan dan kesehatan serta pendidikan yang berkelas dunia,” sambungnya.

Ibu Kota negara yang baru ini bukan sekedar kota yang berisi kantor-kantor pemerintahan tetapi juga membangun sebuah “new smart metropolis” yang mampu menjadi magnet, menjadi global talent magnet, dan menjadi pusat inovasi.

Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan Ibu Kota baru di Kalimantan Timur akan diberi nama Nusantara. Hal ini diungkapkan Suharso dalam rapat panitia khusus rancangan undang-undang Ibu Kota negara di DPR.

Suharso menuturkan nama Nusantara dipilih karena kata tersebut sudah dikenal sejak lama dan ikonik di dunia internasional. Suharso mengungkapkan sebelumnya ada 30 calon nama yang diajukan ke Presiden Jokowi namun akhirnya yang terpilih adalah Nusantara.

Regulasi ibukota baru ditargetkan selesai bulan ini, pemerintah mulai memetakan sejumlah kementerian dan lembaga yang akan pertama kali berkantor di wilayah yang masuk dalam Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral