Minta Kajati Berbahasa Sunda Dipecat, Arteria Dahlan: Pernyataan Saya Dipelintir

Rabu, 19 Januari 2022 - 18:16 WIB

Jakarta - Pernyataan anggota Komisi III DPR RI fraksi PDIP Arteria Dahlan soal usulan ganti Kajati yang gunakan bahasa Sunda dalam rapat mengundang reaksi banyak pihak.

Seperti Gubernur Jawa Barat dan ketua DPD PDIP Jawa Barat, pengamat politik Ujang Komarudin pun juga menyatakan pernyataan Arteria ini bisa berdampak pada elektabilitas PDIP di pemilu mendatang.

"Ada yang melihat perbedaan sebagai sumber kebencian. Itu yang harus kita lawan. Jadi saya menyesalkan statement dari Pak Arteria Dahlan terkait masalah bahasa yang sudah ada ratusan tahun, ribuan tahun menjadi kekayaan Nusantara ini. Saya amati ini menyinggung banyak pihak warga Sunda dimana-mana," ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Ia mengimbau Arteria Dahlan untuk meminta maaf kepada warga suku Sunda. Lebih lanjut, menurut RK, tindakan rasis seperti itu memang harus diingatkan.

Ono Surono, Ketua DPD PDIP Jawa Barat juga mengatakan bahwa Kajati yang menggunakan bahasa Sunda dalam rapat itu hanyalah bertujuan untuk cara mendekatkan diri dengan bawahan yang mayoritas juga berbahasa Sunda. Ia pun meminta kepada Jaksa Agung untuk tidak menggubris permintaan dari Arteria Dahlan. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral