BMKG Merilis Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah di Indonesia

Kamis, 20 Januari 2022 - 09:54 WIB

Jakarta - Peringatan dini cuaca ekstrem dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk wilayah Indonesia, Rabu (19/1/2022). Tercatat sebanyak 29 wilayah berpotensi mengalami cuaca ekstrem hujan lebat disertai petir dan angin kencang. 

Sementara sebanyak satu wilayah lainnya diprediksi turun hujan disertai petir hingga angin kencang. Seluruh elemen masyarakat diimbau waspada terkait potensi cuaca ekstrem yang diperkirakan akan melanda di wilayah yang dimaksud. 

Seperti diketahui, cuaca ekstrim yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia salah satunya di Jakarta menyebabkan sejumlah wilayah di Ibu Kota ini terendam banjir. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrim di sejumlah wilayah di Indonesia.

BMKG menghubungkan potensi bencana dan cuaca buruk yang akan terjadi pada tanggal 17 hingga 22 Januari 2022 itu karena pada atmosfer telah teridentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan. Sementara itu, di Jakarta telah terjadi banjir di sejumlah daerah lantaran curah hujan yang tinggi seperti banjir setinggi 60 cm di permukiman Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat.

Banjir juga meluap hingga ke jalan raya hingga tak bisa dilintasi kendaraan. Tak hanya disebabkan intensitas hujan, banjir juga disebabkan meluapnya Kali Semongko yang berada dekat dengan pemukiman warga. Banjir sempat mencapai ketinggian 30 cm dan untuk mengurangi debit air petugas dari Sudin Sumberdaya Air menggerakkan pompa air untuk menyedot. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral