LUCU! Pernyataan Kontroversial Arteria Dahlan jadi Meme di Medsos oleh Sejumlah Seniman

Kamis, 20 Januari 2022 - 12:07 WIB

Jakarta - Pernyataan kontroversial Arteria Dahlan sontak mengundang berbagai reaksi, termasuk dari kalangan seniman Sunda. Lewat akun Instagramnya seniman Sunda seperti Epi Kusnandar dan Budi Dalton ikut menyindir politikus PDIP tersebut dengan bahasa satir sebagai ungkapan kekecewaan.

“Untuk menghindari perang antar suku dan bikin malu barusan Indonesia, tolong cariin guru bahasa Sunda. Suruh Pak Arteria Dahlan itu les bahasa Sunda dari dasar,” tutur Epi Kusnadar dalam video yang diposting di media sosial pribadinya.

Selain itu, dalam video lain, Budi Dalton menyindir Arteria Dahlan yang menggunakan kata “ujug-ujug”. Ujug-ujug sendiri merupakan kata yang berasal dari Bahasa Sunda yang artinya tiba-tiba.

“Eh katanya rapat kerja nggak boleh pakai bahasa Sunda, ‘ujug-ujug itu Basa Sunda,” tutur Budi.

Video Budi Dalton tersebut diedit sedemikian rupa sehingga terlihat seperti dirinya sedang bersahut-sahutan dengan Arteria Dahlan.

Sebelumnya, Arteria Dahlan meminta Jaksa Agung agar memecat oknum Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) yang berbahasa Sunda dalam rapat. Hal itu disampaikan dalam rapat Komisi III DPR dengan Jaksa Agung di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1).

Meski tak menyebut oknum Kejati dan momen rapat yang dimaksud, pernyataan Arteria selaku anggota Komisi III DPR itu kini berbuntut panjang. Protes datang bukan saja dari kelompok masyarakat Sunda, namun juga dari internal PDIP.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:02
12:54
01:37
03:14
01:14
02:07
Viral